Kamis 03 Mar 2022 13:03 WIB

Viral Abu Janda Pertanyakan Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Abu Janda menyebut masjid Aqsa baru ada dibangun setelah Nabi Muhammad wafat

Rep: Joko Sadewo/ Red: Partner
.
.

Viral unggahan<a href= Abu Janda tentang Isra Mi'raj Nabi Muhammad." />
Viral unggahan Abu Janda tentang Isra Mi'raj Nabi Muhammad.

JAKARTA — Permadi atau Abu Janda dalam akun media sosialnya, mempertanyakan masalah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, perjalanan isra mi’raj dilakukan dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjid Aqsa. Padahal masjid Aqsa baru ada dibangun setelah Nabi Muhammad wafat

Pernyataan Abu Janda ini unggahnya dalam akun instagram @permadiaktivis2. Dalam unggahan itu ia memasang foto sedang berada di kubah emas Haram Al Sarif. Beserta foto ini, ia menyertakan caption yang berbunyi:

Selamat memperingati Isra Mi'raj ???? dari kubah emas Haram Al Sarif. orang banyak salah paham, dikiranya di belakang saya itu masjid Aqsa, padahal bukan, kubah emas itu monumen yang dibangun oleh Abdul Malik Bin Marwan Raja Dinasti Umayah pada tahun 691 Masehi (dibangun 50 tahun setelah nabi Muhammad wafat pada tahun 632 Masehi).

Slide 2: masjid Aqsa yang dipakai sholat itu yang kubah timah abu-abu, yang rampung dibangun pada tahun 715 Masehi (yakni baru ada 80 tahun setelah nabi Muhammad wafat)

Tapi dalam Al-Quran surat Al Isra ayat 1 disebutkan bahwa pada Isra Mi'raj, "Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjid Aqsa", padahal masjid Aqsa baru ada dibangun setelah Nabi Muhammad wafat.

Hmm.. ???? wallahu a'lam bisawab

Unggahan ini Abu Janda ini kemudian direspon oleh akun @bob.lee1 yang mendukung Abu Janda. Akun ini malahan menyebut yang mekakukan perjalanan malam bukan Nabi Muhammad: Surah al israa dulunya bernama Surah Bani Israil, kisah the Night Journey atau Perjalanan Malam adalah Kisah Nabi Musa, Bukan Muhammad

Lalu ada juga seorang nonmuslim dengan akun @brokenheart874 yang menganggap tidak tepat kalau Isra Mi’rah dilakukan Nabu Muhammad.

__kami yg non muslim udh lama tahu soal ini bung. Sejarah mencatat bhwa, al-aqsa di bina setelah nabi Muhamad wafat, jd kurang tepat aja soal perjalan nabi dr aqsa ke mekah dlm waktu yg sama. (Maaf gk bermksd apa2, cuma meng-iyakan apa yg tertera di caption) ✌

Meski demikian ada juga akun yang memberikan penjelasan terkait pernyataan Abu Janda tersebut. Akun @rosul_akbar menjelaskan tentang orang kafir yang meragukan perjalanan Isra Mi’raj Muhammad SAW.

Dalam pernyataannya akun @rosul_akbar menyebutkan: Masjid Al Aqsha saat peristiwa isra mi'raj memang sudah ada tetapi hanya berbentuk sederhana , itu tertuang dalam Al-Qur'an ketika orang kafir di Mekah menguji kebenaran isra mi'raj nabi Muhammad dg menanyakan berapa jumlah tiang / pilar Masjidil Aqsha, tentu orang kafir Mekkah tidak akan menanyakan hal itu untuk mengkonfirmasi kebenaran isra mi'raj apabila saat itu masjid Al Aqsha belum ada .

@febyherdiyanto: Menurut gus baha dan ulama2 lain, saat itu masjid al aqsa hanyalah berupa tembok yg mengelilingi pilar2 dan blm berqubah. Kalo masjid disebut secara harfiah memang bkn tp lbh pada makna masjid tempat bersujud. Intinya bangunannya tdk semegah yg dilihat sekarang atau 60an tahun setelah rasulullah wafat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement