Kamis 03 Mar 2022 15:05 WIB

Gus Wahab Jawab Abu Janda yang Terkesan ‘Meragukan’ Isra Miraj Rasulullan SAW

Gus Wahab minra Abu Janda belajar sejarah yang lebih benar.

Rep: Joko Sadewo/ Red: Partner
.
.

Unggahan<a href= Gus Wahab di Facebook.  (sumber: facebook)" />
Unggahan Gus Wahab di Facebook. (sumber: facebook)

JAKARTA — Tokoh Nahdlatul Ulama (NI) Abdul Wahab Ahmad (Gus Wahab) meminta Permadi atau Abu Janda, belajar sejarah dengan lebih benar. Pernyataan ini terkait unggahan Abu Janda yang mempertanyakan Isra Miraj Muhammad SAW.

Penjelasan Gus Wahab terkait unggahan Abu Janda disampaikan melalui akun Facebooknya. Sebelumnya Abu Janda menulis di IG-nya:

Tapi dalam Al-Quran surat Al Isra ayat 1 disebutkan bahwa pada Isra Mi'raj, "Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjid Aqsa", padahal masjid Aqsa baru ada dibangun setelah Nabi Muhammad wafat.

Hmm.. ???? wallahu a'lam bisawab

Gus Wahab dalam unggahannya menjelaskan:

Sebelum bicara dengan nada meragukan informasi al-Qur'an, harusnya Permadi alias Abu Janda ini belajar sejarah yang beneran, jangan cuma baca secuil lalu komen sok yes.

Masjidil Aqsha adalah kompleks tua yang dibangun jauh sebelum Masehi. Dalam sebuah hadis sahih dijelaskan:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ: أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قُلْتُ: كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: «أَرْبَعُونَ سَنَةً

"Dari Abu Dzarr dia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah: "Masjid apakah yang pertama dibangun di muka bumi?" Rasulullah menjawab: "Masjidil Haram". Aku bertanya, "Lalu apa?". Rasul bersabda: "Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi: "Baraoa lama jarak antara kedua pembangunan itu?". Rasulullah menjawab: "40 tahun". (HR. Muslim)

Kalau merujuk pada hadis tersebut, maka masjidil Aqsha dibangun 40 tahun pasca dibangunnya ka'bah. Beberapa sejarawan bahkan menulis bahwa pertama kali ia dibangun oleh Nabi Adam. Jadi di masa Nabi Muhammad masjid ini sudah sangat terkenal baik oleh orang Arab atau pun non-Arab, muslim atau non-muslim, namun saat itu terkenal dengan nama Baitul Maqdis. Ia menjadi Kiblat shalat pertama umat islam sebelum akhirnya Kiblat diubah menjadi ke arah ka'bah.

Adapun yang disebut oleh si Abu Janda ini bahwa ia dibangun pada era dinasti Umayah tak lebih dari sekedar pemugaran ulang, bukan pembangunan pertama kali. Jadi seharusnya dia bertanya ke orang yang tahu kalau dia menemukan bacaan yang menurut dirinya aneh, bukan malah menyimpulkan yang tidak-tidak seolah-olah al-Qur'an salah. Menyalahkan pengetahuan umum, apalagi al-Qur'an, adalah kebodohan yang hakiki.

Video unggahan Abu Janda di IG yang ditanggapi Gus Wahab:

Tonton Juga:

Gubernur Sumut: Keraskan Suara Adzan

Somasi Ki Warseno, Ketika Ucapan Alhamdulillah Dipelesetkan untuk Pelacuran

Ustad Adi Hidayat: Ustadz Dibentur-benturkan, Belajarlah dari Kasus Ukraina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement