Kamis 03 Mar 2022 15:24 WIB

Majelis Umum PBB Tegur Invasi Rusia ke Ukraina

Rusia diminta untuk hentikan perang dan menarik pasukan militernya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan dari dekat bangunan pabrik yang hancur di sebelah barat Chernihiv, Ukraina pada 28 Februari 2022.
Foto: AP/Maxar Technologies
Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan dari dekat bangunan pabrik yang hancur di sebelah barat Chernihiv, Ukraina pada 28 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan suara bulat untuk menegur Rusia karena menyerang Ukraina, Rabu (2/3/2022). Moskow diminta  menghentikan perang dan menarik pasukan militernya.

Resolusi yang didukung 141 dari 193 anggota majelis disahkan dalam sesi darurat yang diadakan Dewan Keamanan(DK) PBB. Terakhir kali DK mengadakan sesi darurat Majelis Umum adalah pada 1982.

Baca Juga

Rusia bergabung dengan Belarus, yang telah menjadi landasan peluncuran pasukan invasi Rusia, Eritrea, Korea Utara, dan Suriah dalam memberikan suara menentang resolusi tersebut. Sedangkan sebanyak 35 anggota, termasuk China, memilih abstain.

Teks resolusi terbaru ini menyesalkan agresi Rusia terhadap Ukraina. Pemungutan suara ini mewakili kemenangan simbolis untuk Ukraina dan meningkatkan isolasi internasional Rusia. Bahkan sekutu tradisional Rusia, Serbia, memberikan suara menentangnya.

"Seperti diketahui, 141 negara anggota PBB, lebih banyak yang dipertaruhkan bahkan daripada konflik di Ukraina sendiri. Ini adalah ancaman bagi keamanan Eropa dan seluruh tatanan berbasis aturan," kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken kepada wartawan setelah pemungutan suara.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan kepada Majelis Umum bahwa Rusia siap untuk mengintensifkan kebrutalan serangannya. Dia mendesak anggota Majelis Umum untuk meminta pertanggungjawaban Moskow atas pelanggaran hukum internasionalnya.

Thomas-Greenfield mengutip video pasukan Rusia yang memindahkan senjata berat ke Ukraina, termasuk munisi tandan dan bom vakum, yang dilarang berdasarkan hukum internasional. "Ini adalah momen yang luar biasa. Sekarang, lebih dari titik lain dalam sejarah baru-baru ini, PBB sedang ditantang," ujarnya.

Utusan Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, membantah Rusia menargetkan warga sipil dan menuduh pemerintah Barat menekan anggota Majelis Umum untuk meloloskan resolusi. Dia menyatakan, tindakan itu dapat memicu kekerasan lebih lanjut.

Nebenzia mengulangi pernyataan Rusia bahwa tindakannya adalah operasi militer khusus. Operasi ini bertujuan untuk mengakhiri serangan yang diklaim terhadap warga sipil di Donetsk dan Luhansk yang mendeklarasikan merdeka dan diakui oleh Rusia. Dia justru menuduh bahwa pasukan Ukraina menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia dan menyebarkan senjata berat di wilayah sipil.

Sedangkan China yang memilih abstain menyatakan, resolusi itu tidak menjalani konsultasi penuh dengan seluruh anggota Majelis Umum. "Itu juga tidak mempertimbangkan sepenuhnya sejarah dan kompleksitas krisis saat ini. Itu tidak menyoroti pentingnya prinsip keamanan yang tidak dapat dibagi, atau urgensi untuk mempromosikan penyelesaian politik dan meningkatkan upaya diplomatik," kata Urusan China untuk PBB Zhang Jun.

Utusan Ukraina untuk PBB, Sergiy Kyslytsa mendesak pengesahan resolusi. Dia menyebut tindakan itu menjadi salah satu blok bangunan untuk membangun tembok untuk menghentikan serangan Rusia. "Kejahatan tidak akan pernah berhenti. Itu membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak ruang,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement