Jumat 04 Mar 2022 22:57 WIB

Medan Darurat Banjir, BMH-FOZ Sumut Kolaborasi Aksi Peduli Korban Banjir

Banjir di Kota Medan mencakup sembilan kecamatan.

Red: Irwan Kelana
Laznas BMH Perwakilan Sumatera Utara berkolaborasi bersama Laznas lainnya yang tergabung di Forum Zakat (FOS) Sumut menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kota Medan, Kamis (3/3).
Foto: Dok BMH
Laznas BMH Perwakilan Sumatera Utara berkolaborasi bersama Laznas lainnya yang tergabung di Forum Zakat (FOS) Sumut menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kota Medan, Kamis (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Laznas BMH Perwakilan Sumatera Utara menjadi bagian penting dari kolaborasi aksi peduli banjir berupa penyaluran bantuan kepada korban terdampak banjir di kota Medan bersama beberapa lembaga zakat lainnya yang di kordinir oleh Forum Zakat (FOZ)  Sumatera Utara, Kamis (3/3).

Hal ini berkenaan dengan data BPBD Kota Medan, yang mencatat bahwa saat ini Medan sedang mengalami musibah banjir yang cakupan wilayahnya hampir sembilan  kecamatan.

Oleh sebab itulah, BMH dan FOZ Sumut menyalurkan bantuan untuk korban terdampak di antaranya di dua kecamatan yang ada di Medan yakni Kecamatan Medan Labuhan dan Kecamatan Medan Deli.

Dari dua kecamatan tersebut,  BMH dan FOZ Sumut menyalurkannya di tiga titik pendistribusian dengan jenis bantuan berupa beras, mi instan, minyak goreng, makanan siap santap, alat-alat kebersihan dan juga obat-obatan disertai tim medis.

Sulaiman selaku ketua FOZ Sumut  mengatakan,  FOZ yang terdiri dari puluhan Lembaga Amil Zakat dalam hal ini mengambil bagian untuk menaruh perhatian lebih kepada korban terdampak banjir di kota Medan.

“Aksi peduli ini sengaja kita lakukan sebagai langkah konkret kita kepada warga masyarakat, sekaligus aksi ini menjadi pemersatu lembaga zakat di Sumut,” ungkap Sulaiman dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
BMH berkolaborasi bersama dengan anggota FOZ Sumut lainnya memberikan bantuan kepada korban banjir Kota Medan, Kamis (3/3).  (Foto: Dok BMH)

Di tempat terpisah, Lukman selaku ketua BMH Perwakilan Sumut sangat mengharapkan untuk ke depannya agar berbagai kepedulian yang diberikan dapat memberikan dampak lebih baik dan maksimal kepada masyarakat.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu masyarakat yang terdampak banjir,” tambah Lukman.

Selain memberikan bantuan,  aksi kolaborasi ini juga diisi dengan ramah tamah bersama warga sekaligus mendengarkan curahan hati para korban terdampak banjir.

Mewakili warga terdampak, Ustadz  Anto menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada BMH dan Forum Zakat Sumatera. "Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BMH dan FOZ dan juga para donatur yang telah meringankan beban para warga terdampak banjir,” ucap Ust Anto yang juga selaku ketua BKM Baitul Amal.

Adapun lembaga yang terlibat dalam aksi kolaborasi ini yakni Dompet Dhuafa Waspada, Baitul Maal Hidayatullah, Mandiri Amal Insani, Inisiatif Zakat Indonesia, Rumah Yatim, Bulan Sabit Merah Indonesia, Ulil Albab, PPPA Daarul Quran,  Nurul Hayat, BAZMA, DT Peduli, Rumah Zakat, dan Yatim Mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement