Sabtu 05 Mar 2022 16:05 WIB

Bangun Pabrik di Jerman, Tesla Beri Tekanan pada Volkswagen

Volkswagen memimpin penjualan mobil listrik di Eropa.

Red: Agung Sasongko
CEO Tesla Elon Musk
Foto: EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
CEO Tesla Elon Musk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tesla akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk membangun pabrik Gigafactory di Brandenburg, Jerman, dengan nilai investasi senilai 5,5 miliar dolar AS (Rp71,9 triliun).Dilansir Reuters pada Sabtu (5/3/2022), pemimpinTesla Elon Musk menilai pembangunan Gigafactory di Eropa sangat penting untuk memberikan tekanan pada perusahaan saingan, Volkswagen, yang juga mulai gencar mengenalkan mobil listrik.

Berdasarkan data, Volkswagen memimpin penjualan mobil listrik di Eropa dengan pangsa pasar 25 persen, sedangkan Tesla hanya 13 persen.Gubernur Brandenburg Dietmar Woidke mengatakan bahwa langkah Tesla adalah "langkah besar menuju masa depan". Ia menambahkan, pabrik Tesla akan menjadi industri besar dan penggerak teknologi untuk Jerman dan kawasan Eropa.

Baca Juga

Pabrik itu ditaksir akan menyerap 12.000 tenaga kerja, di mana sebanyak 2.600 orang sudah mulai bekerja pada bulan ini.Sedangkan untuk pasokan suku cadang, Tesla berupaya untuk mendapatkan pemasok lokal Jerman untuk meminimalisir waktu tunggu dan biaya logistik.

Kendati demikian, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi Tesla untuk membangun pabrik di Brandenburg, antara lain penggunaan air sesuai standar lingkungan dan pengendalian pencemaran udara.Otoritas lingkungan hidup Brandenburg akan memantau persyaratan itu dengan ketat di pabrik Tesla dalam dua pekan ke depan.

Jika semuanya memenuhi syarat, pabrik Brandenburg akan menjadi pabrik raksasa di Eropa dengan kapasitas produksi mencapai 500.000 unit mobil listrik setiap tahunnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement