Ahad 06 Mar 2022 03:15 WIB

IDI Makassar: Peralihan Fase Covid-19 ke Endemi Butuh Persiapan Matang

Pemerintah telah umumkan setelah dua tahun, status Covid akan jadi jadi endemi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Warga antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (5/3/2022). Pemerintah telah umumkan setelah dua tahun, status Covid akan jadi jadi endemi. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Warga antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (5/3/2022). Pemerintah telah umumkan setelah dua tahun, status Covid akan jadi jadi endemi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menyatakan peralihan fase pandemi Covid-19 menjadi endemi harus dipersiapkan secara matang di tengah meningkatnya kasus penularan harian. Humas IDI Makassar Wachyudi Muchsin mengatakan pemerintah telah mengumumkan setelah dua tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, statusnya akan berubah ke fase endemi.

"Di Indonesia, kasus pertama terjadi 2 Maret 2020 dan sampai hari ini ada 5,5 juta orang sudah terinfeksi, 148 ribu lebih jiwa meninggal dunia karena Covid-19. Tidak lama lagi ini akan menjadi endemi biasa," ujarnya di Makassar, Sabtu (5/3/2022).

Baca Juga

Wachyudi mengatakan boleh-boleh saja pemerintah berniat masuk ke fase endemi. Akan tetapi dengan catatan harus ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat yang solid. Salah satu yang harus diperkuat pemerintah untuk beralih fase adalah basis data.

Menurut dia, di Indonesia sering masih ditemui persoalan ketiadaan data sebagai dasar pengambilan kebijakan berbasis bukti. Terdapat diskrepansi antara data pemerintah pusat dan daerah dan tidak seluruh penyajian data dilakukan secara riil dan terbarukan. "Perbedaan data ini mengakibatkan pengambilan keputusan untuk kebijakan pandemi sering kali menjadi tidak sinkron," katanya.

Dia menerangkan untuk masuk ke fase endemi, protokol kesehatan di semua instansi, gedung, wisata, rumah ibadah, tempat hiburan, dan lainnya harus tegas dan disiplin diterapkan. Kemudian pemerintah harus terus mendorong percepatan vaksinasi secara menyeluruh di semua lapisan umur. "Prokes plus vaksin harus dipersiapkan, jangan cepat terlena melihat angka pasien yang terpapar sudah landai dalam 3-4 bulan," ujarnya.

Untuk mengubah kondisi menjadi endemi atau hidup berdampingan dengan virus, tentu memerlukan cara pandang hidup dan kondisi yang baru. Cara pandang ini yang akan membawa Indonesia mendekati situasi yang normal. Hal lain yang harus terus dipersiapkan oleh pemerintah sehingga masyarakat tidak kaget saat perubahan situasi terjadi adalah memasifkan sosialisasi dan edukasi.

"Semua upaya yang ada perlu disertai edukasi yang mumpuni agar berdampingan bersama COVID-19 nantinya bukan hanya slogan saja," jelas Wachyudi.

Selain itu, pemerintah juga harus terus aktif melaksanakan testing dan penelusuran (tracing). Selain itu harus ada jaminan pada fasilitas respons kesehatan yang lebih mumpuni dari awal pandemi Covid-19 hingga beberapa tahun ke depan di semua tingkatan. IDI Kota Makassar menekankan bahwa butuh proses serta membutuhkan waktu untuk masuk ke endemi, tidak bisa langsung seperti main sulap.

"Semua kebijakan dalam proses transisi yang akan dilalui bersama tentunya tidak dapat dilakukan secara terburu-buru dan hanya mengikuti trenyang ada," ucapnya. Wachyudi menambahkan selain itu saat ini banyak yang sakit bergejala atau tanpa gejala memilih untuk isolasi mandiri tidak melakukan tes usap (swab) antigen atau PCR sehingga data kesannya melandai padahal kondisi di lapangan tidak demikian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement