Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Budi Santosa, S.Pd.I

Cara Cek Data kita Di Dapodik Agar Bisa Ikut PPPK 2022

Guru Menulis | Saturday, 05 Mar 2022, 12:19 WIB

Setelah tulisan Lama Tidak Mengajar, Bisa Lolos PPPK Guru 2021 published di retizen. Tiba tiba ada teman yang baru tau jika bisa ikut PPPK meski lama gak aktif ngajar. Selain itu mereka juga bertanya bagaimana cara mengetahui kalo data kita masih di dapodik apa tidak. Sebab itu syarat utama yang lupa belum saya bahas di tulisan tersebut.

Sebelum membahas bagaimana caranya mengetahui data kita di dapodik, kita perlu tahu bahwa bagi guru yang sudah pernah mengajar baik di swasta maupun di negeri pasti kenal dengan data Dapodik yang merupakan kepanjangan data pokok pendidikan. Di dapodik termuat banyak data termasuk data guru. Data inilah yang diambil sebagai bahan peserta PPPK tahun 2021. Yang kalo tidak salah, cut off per tahun 2020. Seandainya saya tahu kalo data yang diambil cut off tahun 2020 pasti kemarin tidak harap harap cemas bisa ikut apa tidak. Sebab saya tahu info tersebut dan juga cara mengecek data kita didapodik justru setelah ikut tes tahap 2. Ada beberapa langkah untuk mengecek data kita yang sudah masuk di dapodik dan ini sebagai kunci agar kita bisa ikut PPPK tahun 2022. Apabila aturannya tidak berubah.

Pertama, pastikan kamu sudah masuk di dapodik. Setelah berlangsungnya PPPK 2021 bisa jadi ada aturan yang lebih ketat di sekolah swasta untuk memasukkan guru baru ke dapodik. Sebab beberapa sekolah merasa dikecewakan telah memasukkan guru ke dapodik eh ujungnya pada ikut PPPPK dan ada yang lolos. Sehingga beberapa sekolah memberikan sanksi yang tidak mengenakan bagi guru. Dikeluarkan dari tempat ngajar entah lolos maupun yang tidak lolos. Walaupun ada sekolah lain yang sangat welcome kok karena sadar belum bisa memberikan kesejahteraan yang semestinya. Alias gajinya masih jauh dibawah UMR padahal UMR Jogja. Intinya kalo belum masuk Dapodik ya jangan nyoba cari tau bagaimana datamu di dapodik, sebab gak bakal ketemu mazzeh.

Kedua, jika kamu masih punya nomor admin Dapodik disekolahmu dulu yang kamu tinggal karena beberapa sebab, mungkin gajinya yang kurang. Langsung kamu hubungi saja. Tanyakan bagaimana statusmu didapodik. Apakah hubungan tanpa status atau malah sudah dengan yang lainnya. Lha kok! Maksudnya apakah masih tersambung atau sudah dinonaktifkan. Sebab setahuku data tersebut tidak bisa terhapus. Sudah terlanjur menjadi jejak digital hingga kamu meninggal. Jika meninggal dan sebelumnya kamu aktif ngajar maka akan tertulis wafat.

Terakhir, kalo cara sebelumnya kamu merasa segan dan mau menghubungi tidak mau karena malu sebab khawatir banyak yang tahu kalo kamu punya mau. Mau ikut PPPK. Maka googling adalah jalan ninjaku. Kamu bisa ketik : https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/. Masukkan nama kamu, Setelah itu kamu pilih provinsi dimana kamu mengajar beserta kabupatennya. Biarkan semua status untuk registrasi akun simpkb maupun semua status sinkronisasi dapodik. Kemudian klik cari GTK yang berwarna biru. Maka nanti akan muncul data data sesuai nama yang kamu ketik. Kalo kamu bingung langsung meluncur aja ke youtube. Sudah tak sediakan videonya. Selamat mencoba..

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image