Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maula falih

Soekarno Sang Putra Fajar Part 1

Sejarah | Saturday, 05 Mar 2022, 08:57 WIB

r.Soekarno atau kita sering menyebut bung karno, dilahirkan di Blitar tepatnya pada 6 Juni 1901. Semasa kecilnya banyak dihabiskan bersama kedua orang tuanya dan akhirnya ketika meranjak dewasa Bung karno tinggal bersama H.O.S Cokroaminoto. Dari beliaulah Bung Karno banyak belajar perpolitikan. Kemudian pada tahun 1927, Bung Karno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Menurutnya pembentukkan ini agar mencapai indonesia merdeka. Karena tujuan pembentukan partai ini sangat ekstrim dalam masa pemerintahan kolonial Belanda,maka beliau bersama rekan-rekannya ditangkap Belanda dan kemudian diasingkan oleh pemerintah Belanda.

Kemudian pada tahun 1931, Bung Karno bebas dari tahanan. Setelah itu Bung Karno bersama rekan-rekannya mendirikan Partai Indonesia (PARTINDO).

Tujuan pembentukannya yaitu sama agar mencapai kemerdekaan Indonesia. Karena pemerintah kolonial Belanda semakin mencurigai diri Bung Karno terhadap gerakan partainya itu, kemudian beliau dipenjarakan kembali pada tahun 1933 dan akhirnya dapat bebas pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1942.

Pada masa pendudukan Jepang, Bung Karno memilih sikap koperatif yakni bekerjasama pada pemerintah Jepang. Adapun yang ditempuhnya seperti masuk pada bentukan organisasi Jepang seperti Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA).

Kemudian pada tahun 1945, Jepang mendirikan Badan Penyelidikan Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau dalam bahasa Jepang yakni Dokuritsu Junbi Chosakai.

Tujuan pembentukkan ini agar mencapai kemerdekaan Indonesia. Kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan kepada peserta tentang 5 asas dan dasar negara Indonesia. Kemudian beliau menyatakan bahwa asas dan negara yang disampaikannya itu bernama Pancasila.

Maka, setiap tanggal 1 Juni kita memperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Kemudian jepang mengalami situasi yang gawat pada bulan Agustus, kemudian pada tanggal 7 Agustus 1945 Jepang mendirikan Partai Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau dalam bahasa Jepang yakni Dokuritsu Junbi Linkai. Kemudian Jepang menunjuk Bung Karno sebagai ketua PPKI untuk menyiapkan segala sesuatu mencapai kemerdekaan indonesia.

Pada tanggal 12 Agustus 1945, para tokoh Indonesia seperti Bung Karno,Bung Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat berangkat ke Dalat. Tujuanya agar mencapai Indonesia merdeka. Pada tanggal 16 Agustus 1945, Bung Karno diculik dan dibawa oleh para pemuda ke Rengasdengklok.

Tujuannya agar Bung Karno segera membacakan teks proklamasi tanpa ada pengaruh dari pihak Jepang.Kemudian Soekarno menyanggupi keinginan para pemuda untuk segera membacakan teks proklamasi. Kemudian pad tanggal 17 Agustus 1945 tepat jam 10.00 pagi bersama Bung Hatta membacakan teks proklamasi.

Maka sejak itu bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajah selama berabad-abad. Akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945, bung Karno dipilih menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image