Ahad 06 Mar 2022 14:37 WIB

DMI Sulawesi Tengah akan Benahi Fasilitas Pendukung di 200 Masjid

Pembenahan dilakukan guna meningkatkan kenyamanan jamaah di masjid

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di masjid. DMI  Sulteng akan membenahi fasilitas pendukung di 200 masjid. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Akbar Tado
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di masjid. DMI Sulteng akan membenahi fasilitas pendukung di 200 masjid. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU - Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah akan membenahi fasilitas pendukung di 200 masjid. Pembenahan dilakukan guna meningkatkan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lain di masjid.

"Sebagai langkah awal, sarana masjid khususnya toilet dan tempat wudhu di 200 masjid di Sulteng akan dibenahi," kata Ketua Umum Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Sulawesi Tengah Ahmad M Ali.

Baca Juga

Keterangan itu disampaikan dalam sambutan pada acara pelantikan pengurus Pimpinan Wilayah DMI Sulawesi Tengah periode 2022-2027 di Kota Palu, Ahad (6/3/2022). Menurut data Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, total ada 3.563 masjid dan 1.210 mushola di wilayah Sulawesi Tengah. Namun, menurut catatan DMI belum semua masjid memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

Ketersediaan air serta pemeliharaan kebersihan toilet dan tempat wudhu masih menjadi masalah di sebagian masjid. "Tantangan kita bukan membangun masjid, tapi bagaimana melengkapi sarana yang representatif di masjid dan mengembangkan fungsi masjid," kata Ahmad Ali.

Selain memperbaiki fasilitas pendukung masjid, menurut dia, DMI Sulawesi Tengah akan berupaya mengoptimalkan peran dan fungsi masjid serta meningkatkan kapasitas pengelola dan pengurus masjid. "DMI dalam waktu dekat akan berkolaborasi dengan pondok pesantren untuk membina dan meningkatkan kompetensi pegawai syarat," katanya merujuk pada imam, muazin, dan khatib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement