Ahad 06 Mar 2022 16:01 WIB

Pep Guardiola: Manchester City Membutuhkan Striker Anyar

Kendati tak memiliki penyerang tengah, Man City terbukti masih produktif cetak gol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester City Pep Guardiola. Guardiola masih mengungkapkan keinginannya untuk melihat penyerang anyar di skuad the Citizens, terutama pada musim depan.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pelatih Manchester City Pep Guardiola. Guardiola masih mengungkapkan keinginannya untuk melihat penyerang anyar di skuad the Citizens, terutama pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, akhirnya mengakui kebutuhan timnya terhadap kehadiran striker anyar. Setidaknya dalam dua musim terakhir, terutama saat Sergio Aguero mulai sering mengalami cedera, the Citizens memang kerap tampil tanpa menurunkan penyerang tengah.

Sebelumnya, Guardiola kerap menempatkan Gabriel Jesus, Raheem Sterling, ataupun Ferran Torres sebagai penyerang tengah. The Citizens akhirnya benar-benar tidak memiliki pemain yang berposisi asli sebagai penyerang tengah pada musim ini usai kepergian Aguero.

Baca Juga

Alhasil, selain Phil Foden, Guardiola juga sempat menurunkan Jack Grealish sebagai penyerang. Juara bertahan Liga Primer Inggris itu sebenarnya sempat berupaya mendatangkan striker anyar pada awal musim ini. Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, menjadi incaran utama the Citizens.

Namun, berbagai tawaran dari manajemen the Citizens ditolak mentah-mentah oleh Spurs. Upaya City berlanjut pada jendela transfer pertengahan musim ini dengan merekrut Julian Alvarez dari River Plate. Penyerang asal Argentina itu dijadwalkan baru bergabung bersama skuad The Citizens pada awal musim depan setelah melakoni masa peminjaman di River Plate.

Kendati tidak memiliki penyerang tengah, Man City terbukti masih mampu begitu produktif. The Citizens menempati urutan kedua dalam tim dengan produktivitas tertinggi di pentas Liga Primer Inggris dengan koleksi 64 gol dari 27 laga. Sterling menjadi top skorer sementara City di pentas Liga Primer Inggris dengan torehan 10 gol.

Kendati begitu, Guardiola masih mengungkapkan keinginannya untuk melihat penyerang anyar di skuad the Citizens, terutama pada musim depan.

''Saya kira, klub ini tentu saja masih membutuhkan penyerang. Anda katakan, kami tampil cukup apik meski tanpa penyerang, karena kami bisa meraih kemenangan. Namun, saat kami gagal meraih hasil positif, Anda kembali menyebut, kami membutuhkan striker,'' kata mantan pelatih Barcelona itu seperti dikutip BBC, Ahad (6/3/2022).

Guardiola bahkan mengirimkan sinyal soal rencana Man City untuk merekrut striker anyar pada jendela transfer awal musim depan. Selain dilaporkan bakal kembali berupaya memboyong Kane, Man City juga disebut-sebut tengah membuka kemungkinan untuk mendatangkan penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland.

The Citizens digadang-gadang berniat mengaktifkan klausa pelepasan Haaland pada awal musim depan. Dengan tebusan nilai pelepasan mencapai 63 juta poundsterling, Man City berharap bisa mendaratkan penyerang asal Norwegia tersebut, kendati harus bersaing dengan klub-klub besar Eropa lain.

''Anda sempat mengatakan,'Bagaimana tim ini tetap meraih kemenangan meski tampil tanpa striker?' Di Liga Primer Inggris, Anda ternyata memang membutuhkan kehadiran striker. Jadi, kami membutuhkan striker dan saya rasa, klub akan berusaha mendapatkannya,'' kata Guardiola.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement