Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Panduan Buat Situasi Belajar dalam Rumah Lebih Membahagiakan

Eduaksi | Saturday, 05 Mar 2022, 13:41 WIB

Pelajar atau mahasiswa harus turut evaluasi jarak jauh (PJJ) karena wabah Covid-19 yang belum berkurang.

Karena telah lebih dari satu tahun, pasti pelajar berasa jemu turut belajar dari rumah (BDR). Tiap hari, pelajar harus duduk di muka gawai atau netbook (computer).

Meskipun begitu, kegiatan belajar dari rumah tidak seutuhnya gampang. Belajar dalam rumah penuh rintangan seperti tertarik untuk tiduran, melihat tv, dan yang lain.

Supaya tidak jemu, karena itu pelajar perlu panduan. Merilis situs maxtrimus, berikut 6 panduan membuat situasi belajar dalam rumah lebih membahagiakan:

1. Coba siapkan lokasi yang nyaman

Karena di dalam rumah, beberapa dari kita pilih belajar sekalian tiduran di kasur. Tiduran di kasur memang nyaman, tapi nyaman untuk istirahat.

Belajar sekalian tiduran di kasur dapat membuat tubuh pegal dan fokusmu bubar. Kamu bisa juga justru tertidur saat belajar sekalian tiduran.

Karena itu, plihlah tempat duduk untuk belajar. Upayakan tempat duduk mempunyai sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. Disamping itu, siapkan meja yang tempatnya tidak terlampau rendah dan tinggi dari status dudukmu.

2. Harus siapkan alat-alat belajar

Jika kamu terlatih pinjam beberapa alat untuk belajar ke rekan, sekarang ini persiapkanlah sendiri beberapa alat itu. Beberapa alat yang memberikan dukungan belajar dapat membuat kamu gampang untuk belajar.

Janganlah sampai beberapa alat untuk belajar ini tidak kamu lihat hingga dapat mengusikmu saat belajar. Apa lagi bila tidak ada cocok diperlukan, pasti benar-benar mengusik.

3. Akses internet harus stabil

Buat mempersiapkan semua materi pembelajaranmu, hal yang lain harus jadi perhatian saat belajar dari rumah ialah akses internet.

Akses internet yang bagus dan konstan akan mempermudahmu untuk selalu tersambung dengan guru atau dosen saat belajar dari rumah.

Kamu tidak harus memasangkan koneksi internet di rumahmu. Kamu dapat memakai koneksi internet melalui smartphonemu. Yakinkan provider teleponmu mencapai wilayah rumahmu.

4. Siapkan cemilan di dalam rumah

Aktivitas belajar tentu saja akan membuat tenaga terkuras. Walau secara fisik tidak banyak bergerak, tapi belajar melelahkan karena berpikiran.

Supaya masih tetap semangat dan tidak capek saat belajar, sediakanlah cemilan seperlunya. Persiapkan cemilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan cemilan memiliki kalori tinggi yang lain.

5. Coba jauhi benda yang membuat kamu kurang konsentrasi

Saat belajar dalam rumah tentu tidak lepas dari beberapa gangguan yang membuat kamu kurang konsentrasi. Masalah dapat tiba dari tv, mainan, atau handphone.

Rumah memang tempat untuk tenang dan istirahat hingga dapat mengusikmu untuk konsentrasi belajar. Sekarang ini, kurangilah akses ke beberapa kegiatan yang dapat mengusikmu belajar dalam rumah.

6. Cahaya ruangan harus optimal

Hal yang ini penting juga, pasti supaya mata dan kepalamu tidak pusing karena itu lihat penerangan di tempatmu belajar. Janganlah sampai ruangmu kurang penerangan sebab bisa membuat matamu hancur dan kepalamu pusing.

Disamping itu, belajar dalam lokasi yang redup atau condong gelap akan membuat kamu malas. Matamu akan berusaha keras untuk menyaksikan hingga lama-lama akan membuat mata cepat lemas dan mengantuk bisa lebih cepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image