Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hasiani

KENALI TENTANG GANGGUAN KECEMASAN YANG MEMPENGARUHI MENTAL HEALTH!!

Guru Menulis | Friday, 04 Mar 2022, 16:55 WIB

KENALI TENTANG GANGGUAN KECEMASAN YANG MEMPENGARUHI MENTAL HEALTH!!

Haii, sudah pada tau belum apa arti dari kecemasan? Adaapasih dengan kecemasan? Kenapa orang harus berhati hatidengan kecemasan? Yuk kita pelajari lebih lanjut tentangkecemasan!!

APA ITU KECEMASAN?

Kecemasan adalah suatu keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadimisalnya kesehatan, relasi sosial, ujian, karir, kondisilingkungan dan sebagaianya. Adalah normal, bahkan adaptif, untuk sedikit cemas mengenai aspek-aspek hidup tersebut.Namun ketika kecemasan terjadi terus-menerus, tidakrasional dan intensitasnya meningkat, maka kecemasandapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan disebut sebagaigangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan adalah salah satu gangguan mental yang umum dengan prevalensi seumur hidup yaitu16%-29%. Di Indonesia prevalensi terkait gangguankecemasan menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2020 menunjukkan bahwa sebesar 6% untuk usia15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta penduduk di Indonesia mengalami gangguan mental emosional yang ditunjukkandengan gejala-gejala kecemasan dan depresi.

Gangguan kecemasan terkait jenis kelamin dilaporkanbahwa prevalensi gangguan kecemasan seumur hidup padawanita sebesar 60% lebih tinggi dibandingkan pria.Mengapa wanita rentan mengalami kecemasan? Menurutpenelitian yang dilakukan, kondisi tersebut disebabkan olehperbedaan otak dan hormon pada wanita yang terkait denganproses reproduksi pada wanita, seperti menstruasi, kehamilan, serta menopause. Karena hal tersebut, wanitarentan mengalami kecemasan ketimbang pria.

FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN KECEMASAN

Kecemasan ini disebabkan oleh hal yang tidak jelas dantidak berhubungan dengan apapun yang terkadang disertaidengan perasaan takut yang mempengaruhi keseluruhankepribadian penderitanya. Kecemasan hadir karena adanyasuatu emosi yang berlebihan. Selain itu, keduanya mampuhadir karena lingkungan yang menyertainya, baiklingkungan keluarga, sekolah, lingkungan social.

Faktor yang mempengaruhi kecemasan dibagi menjadidua meliputi faktor internal (jenis kelamin, umur, tingkatpendidikan, dan pengalaman di rawat) dan eksternal (kondisimedis/diagnosis penyakit, akses informasi, komunikasiterapeutik, lingkungan, fasilitas kesehatan).Ada beberapafaktor yang dapat membuat seseorang lebih berisiko terkenagangguan kecemasan.

CIRI CIRI KECEMASAN SESEORANG

1.Khawatir berlebihan

Kekhawatiran tersebut umumnya tidak sebanding atauterlalu berlebihan jika dibandingkan respons orang normal.Pada ganguan kecemasan umumnya tidak terjadi samasekali. Namun, bisa terjadi hampir setiap hari selama enambulan dan sulit diatasi. Kekhawatiran ini juga parah danmenganggu, sehingga pengidapnya jadi sulit berkonsentrasidan menyelesaikan tugas sehari-hari.

2.Cemas

Ketika seseorang merasa cemas, bagian dari sistem sarafparasimpatiknya menjadi terlalu aktif seperti dalam mode waspada atau siaga menghadapi ancaman. Efeknya bisadirasakan di seluruh tubuh, seperti jantung berdetakkencang, telapak tangan berkeringat, tangan gemetar, danmulut kering.

3.Gelisah

Gelisah adalah ciri-ciri gangguan kecemasan yang umumdialami anak-anak dan remaja. Saat gangguan kecemasandatang, pengidapnya bisa merasakan gelisah sampai tidakberdaya untuk beraktivitas. Kendati demikian, gelisah tidakselalu menjadi tanda ganguan kecemasan. Dokter umumnyamendeteksi gangguan kecemasan apabila timbul gejalagelisah selama lebih dari enam bulan.

5. Susah konsentrasi

Beberapa studi mengungkap, sejumlah penderitagangguan kecemasan mengeluhkan susah untuk konsentrasi. Namun, susah konsentrasi juga bisa jadi gejala atau kondisimedis lainnya. Misalkan gangguan perhatian dan depresi.Beberapa penelitian menunjukkan, kecemasan juga dapatmengganggu bagian otak yang mengendalikan memorijangka pendek.

6.Mudah tersinggung

Banyak penderita gangguan kecemasan yang mudahtersinggung atau lekas marah. Para penderita gangguankecemasan yang berusia dewasa muda dan setengah (bayaacapkali) melaporkan, mereka jadi gampang marah dua kali lipat ketimbang dalam kondisi normal. Mengingat selama inigangguan kecemasan terkait khawatir berlebihan, tak pelakmudah marah bisa jadi gejala penyertanya.

7.Mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur sangat terkait dengan masalah kesehatanmental. Tak terkecuali untuk pengidap gangguan kecemasan.Banyak penderita gangguan kecemasan yang mengeluhkansering terbangun di tengah malam dan susah tidur setelah itu

8.Serangan panik.

Salah satu jenis gangguan kecemasan adalah seranganpanik berulang. Serangan panik ini menimbulkan rasa takutyang luar biasa sampai bisa bikin lemas. Ketakutan ekstremini juga disertai detak jantung cepat, berkeringat, gemetar, sesak napas, dada sesak, mual, sampai kehilangan kendari.

9.Menarik diri dari kehidupan social.

Penderita gangguan kecemasan ada yang merasa takutdengan lingkar sosial sehingga memilih menarik diri.Merekakhawatir akan dihakimi, takut dipermalukan, atau dihina didepan orang lain. Mereka biasanya sangat pemalu, pendiam, atau tidak nyaman berada di sekitar orang lain.

10.Takut pada sesuatu yang tidak logis.

Ketakukan ekstrem pada suatu hal seperti laba-laba, berada di ruangan yang sempit, ketinggian, dll. bisa jaditanda fobia. Fobia didefinisikan sebagai kecemasan atauketakutan ekstrem pada objek atau situasi tertentu. Perasaantakut dan cemas ini bisa cukup parah, sampai menganggukehidupan seseorang.

Jadi setelah kita mempelajari tentang gangguankecemasan dapat disimpulkan bahwa Kecemasan adalah halyang wajar dialami oleh setip manusia, baik tua, muda laki-laki dan perempuan Kecemasan yang berlebih dapatmenimbulkan gangguan fisik seperti rasa sulit tidur danmudah panik. Selain menimbulkan gangguan fisik, kecemasan dapat menyebabkan gangguan psikis yang salahsatunya adalah dispepsia. Dispepsia adalah keluhan rasa tidak enak pada saluran cerna bagian atas, disertai dengangejala lainnya seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang,kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah, dan dada terasa panas. Hal ini disebabkan karenarasa cemas yang berlebih.

REFERENSI

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi9zZaHmP31AhXuSmwGHf_2BOEQFnoECAcQAQ&url=http%3A%2F%2Fdigilib.isi.ac.id%2F6052%2F3%2FBAB%2520V.pdf&usg=AOvVaw1XWtB5Ss_Ih9C2JqRumjhF

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjyu8-8kP31AhXcUGwGHTLkCCcQFnoECA4QAQ&url=https%3A%2F%2Fhealth.kompas.com%2Fread%2F2020%2F05%2F11%2F180600068%2Fciri-ciri-gangguan-kecemasan%3Fpage%3Dall&usg=AOvVaw0k93PhsodGHiX-cTtv2DsP

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjZifKB-vz1AhVT7HMBHWFTDe8QFnoECCkQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.alodokter.com%2Fkenali-tiga-jenis-gangguan-kecemasan-dan-gejalanya&usg=AOvVaw3BkFy8rCO6egKcdWkHtumJ

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjgpt2v9vz1AhWSSWwGHWrzD14QFnoECBQQAQ&url=http%3A%2F%2Fdigilib.unhas.ac.id%2Fuploaded_files%2Ftemporary%2FDigitalCollection%2FNzIwMmI1YzAwZDUzYWYxZjgyYzRjODE0ZmY0YWNjMzVlM2U5ZGQxYQ%3D%3D.pdf&usg=AOvVaw1GWnwMspUjYGL61lks7p-w

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image