Senin 07 Mar 2022 17:20 WIB

Lagi, SpaceX akan Luncurkan Kru Berawak Bulan Depan ke ISS

SpaceX akan meluncurkan astronaut dalam misi Crew-4.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Para astronaut SpaceX Crew 4 sedang melakukan persiapan terakhir mereka untuk misi bulan depan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Foto: spacex
Para astronaut SpaceX Crew 4 sedang melakukan persiapan terakhir mereka untuk misi bulan depan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Para astronaut SpaceX Crew 4 sedang melakukan persiapan terakhir mereka untuk misi bulan depan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat  (NASA) Kjell Lindgren, Bob Hines, Jessica Watkins, dan astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) Samantha Cristoforetti dijadwalkan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon di atas roket Falcon 9 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center di Florida pada Jumat (15/4/2022).

Lindgren dan Cristoforetti sama-sama pernah ke luar angkasa sebelumnya. Sementara itu, misi Crew-4 akan menandai perjalanan pertama bagi Hines dan Watkins.

Baca Juga

Dilansir dari Digital Trends, Senin (7/3/2022), persiapan melibatkan latihan simulasi di atas simulator pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang menampilkan perangkat keras, tampilan, dan kursi yang realistis untuk penerbangan. Pelatihan Crew Dragon termasuk membiasakan diri dengan tugas-tugas rutin tetapi juga, yang lebih penting, belajar bagaimana menghadapi situasi tak terduga di atas pesawat ruang angkasa seperti kegagalan sistem.

“Komandan Lindgren dan pilot Hines mengambil tempat mereka di kursi tengah, dengan akses ke tampilan penerbangan yang akan mereka gunakan untuk memantau status pesawat ruang angkasa dan, jika perlu, mengambil kendali manual dari pesawat ruang angkasa,” kata NASA.

Keempat awak juga telah melakukan perjalanan dengan kapal pemulihan Dragon SpaceX yang akan digunakan untuk mengumpulkan para astronaut setelah pendaratan di akhir misi mereka akhir tahun ini. Para astronaut juga diberikan tur ke hanggar SpaceX di mana roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali diperbaharui dan disiapkan untuk penerbangan.

Misi Crew-4 April akan berlangsung 20 bulan setelah penerbangan kru pertama SpaceX yang melihat astronaut NASA Doug Hurley dan Bob Behnken menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon untuk melakukan perjalanan ke dan dari stasiun luar angkasa dalam misi uji Demo-2.

Setelah misi perdananya yang sukses, SpaceX mengirim empat astronaut Crew-1 ke ISS untuk tinggal selama enam bulan pada November 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement