Kamis 10 Mar 2022 03:27 WIB

Mercedes Benz Nilai Pertamax Turbo Lebih Ekonomis

Penggunaan bahan bakar minyak RON tinggi justru lebih ekonomis

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum Mercedes Benz W211 CLUB Indonesia Bekasi Chapter FX Adhy Kristyanto mengakui penggunaan bahan bakar minyak (BBM) RON tinggi seperti Pertamax series, justru lebih ekonomis. (ilustrasi).
Foto: Dok Mercedes Benz
Ketua Umum Mercedes Benz W211 CLUB Indonesia Bekasi Chapter FX Adhy Kristyanto mengakui penggunaan bahan bakar minyak (BBM) RON tinggi seperti Pertamax series, justru lebih ekonomis. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Mercedes Benz W211 CLUB Indonesia Bekasi Chapter FX Adhy Kristyanto mengakui penggunaan bahan bakar minyak (BBM) RON tinggi seperti Pertamax series, justru lebih ekonomis. Hal itu dibuktikan, antara lain ketika anggota MBW 211 melakukan touring ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Cirebon, dan beberapa kota lainnya.

“Sebelum Pandemi, MB W211 CI memang rutin touring ke berbagai daerah. Selama pengalaman tersebut, kami yakin membuktikan bahwa BBM berkualitas seperti Pertamax, jauh lebih hemat dibandingkan BBM dengan RON lebih rendah,” kata Adhy, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga

Dalam setiap touring, lanjutnya, seluruh peserta selalu mengisi penuh BBM pada titik kumpul. Harapannya, agar di perjalanan, tidak ada anggota yang tertinggal karena harus mampir di SPBU lantaran BBM yang lebih dulu menipis. Dan ketika semua anggota menyepakati untuk mengisi BBM dengan Pertamax di titik kumpul pertama. Target perjalanan bisa tercapai sesuai rencana.

“Seluruh anggota touring berhasil secara bersama-sama mengisi BBM kembali di titik yang telah ditentukan, padahal sebelumnya beberapa dari kami pernah juga melakukan perjalanan serupa dengan menggunakan BBM dibawah RON 92, namun memang pengisian BBM nya lebih cepat dan terasa lebih boros dibanding ketika kita mengisi BBM dgn Pertamax Series” ungkapnya.

“Secara pribadi saya juga sering berdikusi tentang BBM dengan rekan-rekan lainnya, selain itu bengkel-bengkel yang biasa merawat kendaraan kami juga menganjurkan untuk memakai BBM Oktan tinggi guna memelihara performa dan keawetan mesin serta menjaga lingkungan” ujar Adhy.

Dalam konteks itulah, Adhy mengatakan, bahwa sisi ekonomis Pertamax series bisa dilihat dari dua aspek. Pertama, dari sisi jumlah uang yang harus dibayarkan pada saat membeli BBM. Dan kedua, dari sisi keawetan mesin. Dalam hal ini, bahwa BBM RON tinggi memang membuat mesin lebih terjaga dan awet.

“Dalam jangka panjang, mobil yang memakai BBM RON tinggi jarang rewel dan tidak sering masuk bengkel. Ini berbeda, kalau kendaraan menggunakan BBM dengan oktan yang lebih rendah. Dari sisi ini, terlihat bahwa BBM RON tinggi juga lebih ekonomis, karena biaya perawatannya lebih rendah,” lanjut Adhy.

 

Terkait BBM RON tinggi yang lebih ekonomis, sebelumnya juga disampaikan pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Yannes Martinus Pasaribu. Menurut Yannes, pada kendaraan keluaran baru dengan kompresi mesin tinggi, BBM berkualitas seperti Pertamax justru lebih hemat.

“Intinya, semakin tinggi oktan jika dipadu dengan mesin yang kompatibel, yaitu mesin berkompresi tinggi, maka penggunaan BBM dapat lebih hemat serta menghasilkan polusi lebih rendah,” kata Yannes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement