Jumat 11 Mar 2022 00:30 WIB

Cara Bedakan Masker N95 dan KN95 Asli Atau Palsu

CDC sebut 60 persen masker N95 dan KN95 di pasaran adalah palsu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
CDC sebut 60 persen masker N95 dan KN95 di pasaran adalah palsu.
Foto: AP/Ted S. Warren
CDC sebut 60 persen masker N95 dan KN95 di pasaran adalah palsu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masker KN95 sudah lebih banyak tersedia daripada masker N95. Orang masih lebih mungkin menemukan masker KN95 dibandingkan N95 di pasaran

Tetapi, bagaimana caranya agar tahu jika masker KN95 benar-benar asli? Karena faktanya, CDC memperingatkan bahwa hingga 60 persen masker KN95 di pasaran adalah palsu dan tidak berfungsi sebaik yang diiklankan. 

Baca Juga

Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan beberapa panduan yang dapat membantu, meskipun agak rumit untuk dinavigasi

Sebelumnya di masa pandemi ketika masker N95 sulit ditemukan di pasaran, termasuk oleh petugas kesehatan, FDA mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk masker KN95. Ini agar petugas kesehatan dapat menggunakan masker KN95 dan mengetahui bahwa masker itu original.

Sekarang setelah masker N95 tersedia lebih luas, FDA telah mencabut EUA tersebut, sebagian besar karena tidak diperlukan lagi. Beberapa perusahaan memang menghapus masker dari daftar sebelumnya karena meluncurkan produk yang tidak berkualitas tinggi seperti yang mereka klaim. Itulah sebabnya ini bisa sedikit membingungkan.

Meskipun FDA tidak memperbaruinya, daftar itu masih tersedia secara daring. Banyak orang yang ingin memastikan kualitas masker KN95 mereka dengan memeriksa ulang daftar tersebut.

Daftarnya tidak diperbarui lagi, tetapi orang masih dapat menggunakannya sebagai panduan pembelian untuk memastikan bahwa masker KN95 yang dibeli adalah asli dan bagus.

Masker N95 harus disetujui NIOSH, dan lembaga pemerintah memiliki daftar daring yang dapat digunakan untuk mencari masker yang dipertimbangkan.

“Hal lain yang perlu dipertimbangkan, adalah membeli masker N95 dari pengecer terkemuka, seperti Target, CVS, Home Depot, atau Lowe, karena biasanya produsen itu dapat dipercaya,” kata Thomas Russo MD profesor dan kepala penyakit menular di University at Buffalo, New York, seperti dilansir dari Prevention, Rabu (9/3/2022)

Hal terpenting dengan respirator N95 atau KN95, adalah memastikannya menutup rapat di wajah, menurut CDC. Pernapasan adalah faktor besar. Masker N95 mungkin tidak nyaman bagi orang tertentu tetapi menawarkan manfaat luar biasa.

Itu bekerja dengan baik di rumah sakit ketika orang hanya memakainya masuk dan keluar dari kamar dengan pasien, tetapi bisa jadi sulit untuk memakainya sepanjang hari. Banyak orang merasa bahwa KN95 sedikit lebih nyaman, menurut Dr Russo. Tapi, sangat sulit untuk menentukan apakah masker punya kemampuan sebaik yang diiklankan.

Jika hanya membutuhkan sesuatu untuk dikenakan saat pergi ke toko kelontong atau kantor dokter, Dr Russo mengatakan N95 mungkin merupakan pilihan yang baik. Tapi, jika sedang mencari sesuatu untuk dipakai sepanjang hari, dia menyarankan KN95 atau bahkan KF94, yang merupakan versi Korea dari N95s. 

“Masker itu nyaman dan saya lebih percaya bahwa itu tampil seperti yang diiklankan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement