Kamis 10 Mar 2022 05:25 WIB

Puncak Penyebaran Omicron di Bandung Diklaim Sudah Lewat

Saat ini kasus cenderung fluktuatif namun relatif mengalami penurunan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung mengklaim puncak penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron sudah dilewati.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung mengklaim puncak penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron sudah dilewati.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung mengklaim puncak penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron sudah dilewati. Saat ini kasus cenderung fluktuatif namun relatif mengalami penurunan dibandingkan saat puncak kasus terjadi.

"Alhamdulillah Kota Bandung fluktuasi, kemarin ada kenaikan sampai 1.000 lebih tapi sekarang turun lagi. Insya Allah kalau puncaknya 3 minggu ke belakang, puncak udah lewat itu paling tinggi hampir 1.675 sekarang di bawah itu sudah ketemu titik paling tinggi," ujar Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan pada akhir pekan kemarin kasus Covid-19 berada di angka 500 an. Keterisian tempat tidur bagi pasien Covid-19 di rumah sakit menurun dari 60 persen menjadi 49 persen.

Sedangkan positivity rate saat ini menurun dari 13 menjadi 11. Selain itu pasien di tempat isolasi mandiri bagi masyarakat maupun tenaga kesehatan menurun termasuk kasus sembuh naik. Pihaknya memastikan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Bandung terkendali.

"Kita masih terkendali. Tempat isoman yang disediakan mengalami penurunan signifikan," katanya.

Terkait dengan wacana perubahan status pandemi menjadi endemi pihaknya pasti akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat.

Asep mengatakan vaksinasi dosis satu dam dua sudah mencapai 100 persen lebih sedangkan dosis ketiga sudah mencapai 16.65 persen dan akan terus digenjot vaksinasi di kecamatan. Apabila perubahan status terjadi maka pihaknya meminta masyarakat tetap memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan.

"Prokes minimal pakai masker," katanya.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan saat ini penyebaran Covid-19 di Kota Bandung relatif mengalami penurunan namun sempat mengalami kenaikan. Ia mengklaim puncak penyebaran Covid-19 varian Omicron sudah terlewati di Kota Bandung.

"BOR turun 49 persen, udah ada penurunan. Kita sempat turun kemarin naik lagi, kita berdoa mudah-mudahan gak naik terus tren menurun udah puncaknya kemarin," ungkapnya.


Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement