Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Iluminations

2 Cara Mudah Screenshot di Laptop dan Komputer

Teknologi | Wednesday, 09 Mar 2022, 23:02 WIB

Memasuki masa moderen ini, banyak pelajar sekolah menjadi mengfungsikan computer untuk belajar. Terlebih ulang selama pandemi Covid-19 di mana nyaris semua anak-anak menerapkan sistem studi berasal dari rumah.

Tak seperti studi langsung di kelas, anak studi bersama lihat guru-gurunya mengakibatkan presentasi secara daring, yang seringkali membuatnya ketinggalan di dalam mencatat materi-materi yang disampaikan.

Jika anak mama mengalami ada problem yang tersebut sementara studi secara online, keliru satu solusinya adalah mengakibatkan screenshot atau tangkapan layar. Agar anak mampu menyimpan layar sementara materi presentasi ditayangkan, dan ditulis di buku catatannya.

Nah untuk melakukannya, anak harus studi terlebih dahulu bagaimana caranya screenshot layar laptop atau komputer.

1. Menggunakan PrtScn Key

1. Menggunakan PrtScn Key

ircache.net

Cara termudah untuk menyimpan tangkapan layar laptop atau computer anak adalah bersama menghimpit tombol 'Print Screen' terhadap keyboard.

Umumnya tombol Print Screen diberi label 'PrtScn' dan terdapat di baris atas di antara atau dekat tombol 'Function'. Pada lebih dari satu keyboard, kemungkinan harus mengakibatkan fungsi Print Screen ini bersama mengfungsikan tombol Function (Fn), yakni bersama langkah tombol FN atau Fn selanjutnya PrtScn.

Laptop bersama sistem Windows termasuk menampilkan lebih dari satu langkah PrtScn, yakni sebagai berikut:

Tekan PrtScn. Metode ini menyalin semua layar. Kemudian anak mampu menempelkan hasil screenshotnya ke program seperti Paint atau Microsoft Word.

Tekan Alt+ PrtScn. Metode ini untuk menyalin jendela aktif ke clipboard, dan ditempelkan ke program lain.

Tekan tombol Windows Key+ Shift+ S. Cara seterusnya ini, dapat mengakibatkan layar laptop lebih redup dan penunjuk pointer mouse yang berubah. Anak mampu menarik untuk pilih bagian layar yang dapat diambil alih gambarnya. Hasilnya dapat disalin ke clipboard, dan mampu ditempelkan ke program lain.

Tekan tombol Windows + PrtScn. Cara ini ditujukan untuk menyimpan semua layar sebagai file gambar. Anak mampu menemukannya di folder 'Picture' di dalam subfolder yang disebut Screenshots.

2. Snipping tool Microsoft

2. Snipping tool Microsoft

intowindows.com

Miscrosoft melampirkan fitur screenshot yang lebih fleksibel bersama Windows 10, yang disebut bersama Snipping Tool. Anak mampu mengfungsikan fitur ini untuk mengambil alih screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih pernah menempelkan hasil tangkapan layar ke program lain.

Untuk mengfungsikan fitur Snipping Tool, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Jalankan Snipping Tool berasal dari menu Start

Dalam drop down menu, pilih type wujud screenshot yang diinginkan. Anak mampu pilih apa saja berasal dari full screen, persegi panjang, hingga wujud bebas.

Klik New dan layar dapat membeku. Di sini anak mampu mengfungsikan mouse untuk mengakibatkan screenshot. Tangkapan layar sesudah itu dapat muncul di jendela Snipping Tool.

Jika anak mendambakan melampirkan suatu hal seperti tooltip, yang muncul sesudah gerakan mouse, anak mampu pilih seberapa lama tunggu sebelum saat mengambil alih screenshot mengfungsikan menu Delay.

Setelah mengambil alih screenshot, anak mampu mengfungsikan alat gambar untuk memberi keterangan terhadap screenshot.

Setelah selesai, klik 'File', selanjutnya Save As untuk menyimpan screenshot yang sudah selesai ke komputer.

Anak termasuk mampu mengklik tombol copy di Snipping Tool window untuk menyalin gambar ke clipboard.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image