Sleman Terima Hibah Kendaraan dan Buku untuk Perpustakaan Keliling

Red: Muhammad Fakhruddin

Sleman Terima Hibah Kendaraan dan Buku untuk Perpustakaan Keliling (ilustrasi).
Sleman Terima Hibah Kendaraan dan Buku untuk Perpustakaan Keliling (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta menerima hibah dua kendaraan beroda tiga serta 200 buku untuk perpustakaan keliling dari Rotary Club Yogyakarta.

"Hibah yang diterima ini akan dipergunakan untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan hingga sampai ke masyarakat khususnya di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Sri Wantinidi Sleman, Kamis (10/3/2022).

Ia mengatakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerja sama dengan Rotary Club Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan di Kabupaten Sleman. Kerja sama itu, menurut dia, merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat melalui pelibatan masyarakat dalam kegiatan perpustakaan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi dukungan Rotary Club Yogyakarta terhadap upaya pengembangan perpustakaan di Kabupaten Sleman. Ia mengatakan bahwa perpustakaan berperan penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Baca Juga

"Kami yakin dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan swasta maka upaya pemerataan pendidikan dapat terselenggara lebih baik," kata Kustini, yang secara simbolis menerima hibah dari Ketua Rotary Club YogyakartaSyahrial Salman.

Ia mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman sudah memiliki dua Bus Kunjung Pustaka dan tiga mobil layanan perpustakaan keliling. Dengan armada tersebut, ia melanjutkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman melaksanakan 82 kunjungan setiap bulan. "Kami berharap bantuan yang diberikan Rotary Club dapat membantu kami untuk menjangkau wilayah-wilayah di Kabupaten Sleman yang selama ini belum dapat dijangkau dengan kendaraan beroda empat," katanya.

Selain menyediakan layanan perpustakaan keliling, Pemerintah Kabupaten Sleman menyediakan fasilitasWiFidi padukuhanuntuk meningkatkan akses informasi warga. "Hingga Februari sebanyak 470 padukuhan telah dilengkapi dengan akses Wi-Figratis. Pada akhir tahun ini ditargetkan seluruh padukuhan di Kabupaten Sleman akan terkoneksi dengan free Wi-Fipadukuhan," kata Kustini.

"Fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan guna peningkatan layanan oleh perpustakaan keliling," ia menambahkan.

Terkait


Dorong Literasi, ini Buku yang Dibutuhkan Generasi Sekarang

RBC UMM Lakukan Eksperimen 'Pasta Gigi Gajah'

Kunjungan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya Dibatasi

Perpustakaan Mungil di Sudut Kota Bekasi

Layanan Perpustakaan Keliling di Yogyakarta Kembali Beroperasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark