Kamis 10 Mar 2022 15:02 WIB

Anies Sebut Uji Emisi Sebagai Ikhtiar Jaga Udara Jakarta Bersih

Pemprov DKI bertekad menjadikan Jakarta sebagai wilayah kota yang sehat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah teknisi bengkel mengikuti pelatihan uji emisi di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (18/11/2021).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sejumlah teknisi bengkel mengikuti pelatihan uji emisi di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (18/11/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut, pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor sebagai bentuk ikhtiar menjaga kualitas udara di Ibu Kota agar selalu bersih. Anies mengatakan, kondisi udara Jakarta saat ini merupakan cerminan dari kegiatan warganya dalam melakukan mobilitas sehari-hari.

"Uji emisi ini cara kita untuk bisa meyakinkan diri sendiri bahwa kendaraan saya tidak ikut mengotori udara Jakarta," kata Anies di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (10/3/2022).

Anies menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bertekad menjadikan Jakarta sebagai wilayah kota yang sehat. Dia pun mengimbau kepada seluruh warga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan uji emisi. "Idealnya kita bisa pakai kendaraan umum. Tapi bila masih pakai kendaraan pribadi jangan mengotori lingkungan," ujar Anies.

Dia menyebut, berdasarkan data yang masuk hingga saat ini tercatat sebanyak 564 ribu kendaraan roda empat dan 51 ribu sepeda motor telah melakukan uji emisi di Jakarta. "Ini adalah program yang baik dan saya berharap kepada seluruh warga yang memiliki kendaraan bermotor untuk ikut uji emisi dan pastikan lolos," tutur Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement