Kamis 10 Mar 2022 17:47 WIB

Hipertensi Ada Dua Jenis: Primer dan Sekunder, Apa Bedanya?

Ada beberapa alasan seseorang berisiko mengalami hipertensi sekunder.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Perbedaan hipertensi primer dan sekunder. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Perbedaan hipertensi primer dan sekunder. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan komplikasi kesehatan yang lazim, namun cukup banyak kasus yang tidak terdiagnosis. Salah satu alasannya adalah kurangnya kesadaran tentang penyebab dan faktor risiko.

Dilansir di laman Times of India, Kamis (10/3/2022), banyak yang bahkan tidak tahu bahwa ada dua jenis hipertensi yakni primer dan sekunder. Hipertensi primer adalah yang paling umum disebabkan karena kebiasaan gaya hidup yang buruk atau riwayat keluarga. Sedangkan hipertensi sekunder biasanya akibat dari kondisi medis lainnya. Terhitung sekitar 10 persen dari semua kasus tekanan darah tinggi, sering kali tidak terdiagnosis.

Baca Juga

Tekanan darah tinggi ditandai dengan memiliki jumlah tekanan yang lebih tinggi di pembuluh darah Anda dari biasanya. Ini dievaluasi oleh angka sistolik dan diastolik yang muncul pada mesin pemantau tekanan darah.

Hipertensi sekunder disebabkan sebagai akibat dari penyakit atau kondisi yang diketahui yang diderita pasien dalam waktu yang lama. Dalam banyak hal, jenis hipertensi ini berbeda dari hipertensi primer. Perawatan yang tepat untuk hipertensi sekunder juga dapat membantu mengendalikan kondisi kesehatan yang mendasarinya dan mengurangi risiko komplikasi terkait kesehatan.

Sama seperti hipertensi primer, hipertensi sekunder memiliki tanda-tanda yang tidak kentara. Bahkan jika itu mencapai tingkat yang berbahaya, sulit untuk dideteksi jika seseorang tidak berhati-hati.

Jika Anda telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, tanda-tanda umum berikut menunjukkan Anda mungkin menderita hipertensi sekunder. Tandanya adalah kondisi yang tidak dapat dikendalikan dengan obat tekanan darah, tekanan darah sangat tinggi, tekanan darah tinggi yang terjadi secara tiba-tiba pada usia yang lebih muda, tidak ada riwayat keluarga tekanan darah tinggi, dan tidak ada obesitas.

Beberapa kondisi kronis dapat membuat tingkat tekanan darah Anda meningkat. Mengelola tekanan darah tinggi juga dapat membantu mengurangi gejala kondisi kesehatan lain yang mendasarinya.

Beberapa alasan seseorang dapat mengembangkan hipertensi sekunder adalah:

1. Diabetes

Diabetes yang tidak dikelola dapat memberi tekanan berlebihan pada ginjal untuk mengeluarkan gula dari darah. Kondisi ini dari waktu ke waktu dapat meningkatkan tingkat tekanan darah.

2. Penyakit ginjal polikistik

Kista di ginjal Anda dapat menghalangi fungsi normal ginjal, yang menyebabkan lonjakan tingkat tekanan darah.

3. Hipertensi renovaskular

Jenis tekanan darah tinggi ini disebabkan ketika arteri yang mengarah ke ginjal Anda menyempit.

4. Sindrom cushing

Kadar kortisol yang tinggi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sindrom cushing dan pengobatannya dapat menyebabkan hipertensi sekunder.

5. Gangguan hormonal

Gangguan tiroid atau Aldosteronisme juga dapat berdampak pada ginjal Anda yang menyebabkan peningkatan tingkat tekanan darah

6. Sleep apnea

Mendengkur yang parah saat tidur yang menyebabkan hambatan dalam mendapatkan jumlah oksigen yang cukup dapat merusak lapisan pembuluh darah, yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Terlepas dari kondisi lain seperti obesitas, kehamilan, dan asupan berlebihan beberapa obat bebas juga dapat menyebabkan hipertensi sekunder.

Untuk mengobati hipertensi terlebih dahulu, kondisi mendasar yang meningkatkan tingkat tekanan darah perlu diobati. Setelah kondisi yang mendasarinya diobati, tekanan darah akan kembali normal. Tergantung pada kondisi Anda, dokter akan meresepkan obat, perubahan gaya hidup, dan pilihan perawatan lain untuk mengontrol tingkat tekanan darah Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement