Kamis 10 Mar 2022 19:18 WIB

Profil Bambang Susantono yang Dilantik Sebagai Kepala Otorita IKN

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dijabat Bambang Susantono.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bambang Susantono. (Twitter/Aki Tulalit)
Bambang Susantono. (Twitter/Aki Tulalit)

Pelantikan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara direncanakan akan diadakan hari ini, Kamis (10/3/2022) pukul 15.00 WIB oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan berbagai sumber informasi, posisi tersebut akan dijabat oleh Bambang Susantono dengan Wakil Kepala IKN Donny Rahajoe.

Bambang lahir pada 4 November 1963 di Yogyakarta. Ia bukanlah orang baru di pemerintahan, pada era Susilo Bambang Yudhoyono, Bambang merupakan mantan Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Baca Juga: Teka-Teki Siapa Pemimpin IKN Terjawab Sudah, Disebut Jokowi Segera Lantik Sosok Ini

Bambang merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada tahun 1987. Setelah itu, ia bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Kemudian, Bambang melanjutkan program pascasarjana di Universitas California, Berkeley untuk gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada tahun 1996. Tak sampai di situ, pada tahun 1998, ia meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di universitas yang sama.

Pada tahun 2000, Bambang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Pada tahun 2012, Bambang juga pernah diamanahkan sebagai komisaris utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Prestasi Bambang di tingkat internasional yakni sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Hingga kini, Bambang menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement