Kamis 10 Mar 2022 22:45 WIB

Membentuk Karakter Siswi Melalui Olah Raga Pencak Silat Ala JIGSc

JIGSc menggelar ujian kenaikan tingkat sabuk silat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pencak silat. JIGSc menggelar ujian kenaikan tingkat sabuk silat
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Ilustrasi pencak silat. JIGSc menggelar ujian kenaikan tingkat sabuk silat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sebanyak 100 peserta siswi Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc) antusias mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Silat di lapangan JIGSc, Megamendung, Puncak Bogor, Rabu (9/3/2022). 

Ujian tersebut dihadiri oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia periode 2004-2009, Adhyaksa Dault.  

Baca Juga

Adhyaksa mengatakan, ilmu bela diri pencak silat memiliki kaitan dengan pembentukan karakter. Karena itu, dia pun mengapresasi JIGSc yang membentuk karakter anak didiknya dengan pencak silat. 

Menurut dia, seorang pendekar silat itu harus kuat ikrar, iman, mental, dan fisiknya untuk mempertahankan diri, membela agama, bangsa, dan negara.  

"Saya melihat masa depan sekolah JIGSc ini sangat bagus, karena anak-anak di sini sehari-hari menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab serta ditambah tahfiz Alquran. Dan sekarang mereka dilengkapi dengan ilmu bela diri, karena ada hubungannya bela diri dengan karakter," ujar Adhyaksa dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/3/2022). 

JIGSc merupakan bagian dari Jakarta Islamic School (JISc) yang didirikan oleh Mam Fifi, sebuah boarding school untuk perempuan dengan konsep “Mendidik ala Ibu”. Sekolah Islam ini memiliki program tahfiz, menerapkan internasional kurikulum Edexcel UK, Islamic Program, Diknas, skill keputrian dan rumah tangga, serta bisnis Muslimah. 

Founder JISc, Fifi Proklawati Jubilea, atau yang akrab dipanggil Mam Fifi juga mengapresiasi para siswa JIGSc yang telah berlatih keras untuk ujian kenaikan tingkat sabuk silat tersebut.  

Mam Fifi menjelaskan, ekskul pencak silat merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan JISc yang telah banyak menorehkan prestasi. Misalnya, pada turnamen yang diikuti oleh 389 atlet tingkat SD se-Jakarta dan Tangerang, JISc Joglo memperoleh juara pada 2018 

Selain itu, JISc juga meraih tiga medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu pada turnamen pencak silat yang diselenggarakan di Jakarta Barat tersebut. 

Ujian Kenaikan Tingkat kali ini diikuti 160 peserta, yaitu sebanyak 60 peserta dari Jakarta Islamic Boys Boarding School (JIBBS) dan sebanyak 100 peserta dari Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc).    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement