Jumat 11 Mar 2022 05:54 WIB

Sudirman Bertanggung Jawab Atas Tiga Kekalahan Beruntun Persija

Persija berturut-turut kalah dari Persib, Bali United, dan Borneo FC.

Red: Israr Itah
Pelatih Persija Sudirman
Foto: antara/Persija
Pelatih Persija Sudirman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Persija Sudirman menegaskan bertanggung jawab penuh atas tiga kekalahan timnya secara beruntun di Liga 1 2021/2022 yang berlangsung di Bali. Rentetan nol poin tersebut berawal dari laga kontra Persib pada Selasa (1/3/2022), di mana Persija tunduk 0-2. Persija kemudian tumbang 1-2 melawan Bali United pada Ahad (6/3/2022). Terkini, Kamis (10/3/2022), Macan Kemayoran dikandaskan Borneo FC 1-2. 

Itu menjadi tiga kekalahan beruntun pertama Persija sepanjang Liga 1 musim ini."Saya bertanggung jawab atas hasil yang tidak diinginkan ini," ujar Sudirman dalam konferensi pers virtual usai laga kontra Borneo FC, diikuti di Jakarta.

Baca Juga

Juru taktik berusia 52 tahun itu pun berjanji akan mengevaluasi tim secara keseluruhan agar nasib serupa tak terulang pada lima pertandingan terakhir mereka di Liga 1 musim ini. Sudirman juga meminta anak-anak asuhnya untuk senantiasa fokus dan meningkatkan kerja keras di lapangan.

Dia menilai, Persija sejatinya sudah bermain bagus pada beberapa laga terakhir tetapi hasilnya selalu kalah. Menurut dia, banyak peluang di depan gawang lawan yang gagal dimaksimalkan.

"Sayang sekali peluang-peluang tersebut tak bisa dikonversi menjadi gol," tutur Sudirman.

Bek tengah Persija Ryuji Utomo pun mengakui dia dan rekan-rekannya tidak tampil efektif dalam menyerang. Situasi tersebut, kata pesepak bola berumur 26 tahun itu, dimanfaatkan oleh lawan untuk mencatatkan skor.

"Kami mesti benar-benar introspeksi diri. Kesalahan-kesalahan kecil bisa menjadi hukuman buat kami," kata Ryuji.

Persija takluk dengan skor 1-2 dari Borneo FC pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis malam. Satu-satunya gol Persija dicetak oleh Syahrian Abimanyu, sementara gol Borneo dibuat Wahyudi Hamisi dan Jonathan Bustos.

Hasil tersebut membuat Persija dan Borneo FC tak beranjak dari posisi mereka sebelumnya di klasemen sementara Liga 1.Persija tetap berada di peringkat ketujuh dengan 38 poin dari 29 pertandingan. Adapun Borneo tepat di atasnya dengan koleksi 45 poin dari 30 laga.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement