Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

5 Tips Mudah Kurangi Kecanduan pada Gadget, yang Membuat Hidupmu Makin Hidup

Teknologi | Friday, 11 Mar 2022, 09:58 WIB

Di zaman serba teknologi seperti saat ini, rasanya susah sekali untuk menghindari diri dari gadget. Apa lagi gadget memberi semua keringanan dalam melakukan aktivitas. Tetapi, sadar atau mungkin tidak jika gadget bisa mengakibatkan seorang jadi individualistis. Peristiwa bergabung dengan keluarga atau rekan untuk menambahkan keakraban sekalinya tidak kembali bermanfaat karena beberapa orang repot sendiri dengan gadget masing-masing.

Sama seperti yang dikutip oleh The Spectator Indeks, Indonesia menempati status keenam dari perincian negara pencandu gadget paling besar di dunia. Sekitar 236 juta warga diprediksi telah memakai gadget untuk terhubung info dari penjuru dunia. Jumlah ini diprediksi bertambah banyak dalam sekian tahun selanjutnya.

Lalu, bagaimanakah cara kurangi tingkat ketagihan warga pada gadget? Kita yang mengawali, kita yang bisa merubahnya. Berikut ada 7 langkah yang kemungkinan dapat menolong Anda dalam kurangi ketagihan bermain gadget dari halaman Ytekno.com.

Kebingungan mencari asuransi kesehatan terbaik dan paling murah? Perhatikan punyai jalan keluarnya!

1. Matikan Pemberitahuan semua Aplikasi

Rasa ingin ketahui langsung ada saat pada gadget ada pemberitahuan dari program tertentu. Secara automatis tentunya tiap orang segera membuka program itu bahkan juga habiskan waktu sepanjang 15 menit atau bahkan juga lebih buat membaca isi pada pemberitahuan yang diterima. Tidak stop sampai disana, mungkin ada pemberitahuan dari program lain yang tetap banyak yang datang sampai pada akhirnya tanpa diakui waktu Anda kebuang untuk aktivitas itu

Supaya saat yang ada dapat dipakai secara baik, tidak ada kelirunya matikan pemberitahuan semua dari semua program yang ter-install pada gadget. Dengan demikian, Anda tidak terusik dengan pemberitahuan yang ada hingga pemakaian gadget dapat diminimalkan.

2. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

Pemberitahuan ada karena internet pada keadaan sedang aktif. Supaya pemberitahuan tidak tampil ke monitor handphone, seharusnya nonaktifkan data paket untuk beberapa waktu terlebih bila sedang bekerja di kantor.

Mematikan internet akan membuat siapa saja dapat semakin konsentrasi menuntaskan tugas, hingga proses pengerjaan pekerjaan jadi lebih cepat dan dapat memperoleh hasil baik. Kemudian, aktifkan kembali internet untuk memeriksa apa saja yang diharapkan.

3. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Candu

Media sosial membuat kita candu bahkan juga membuat semuanya orang tidak dapat hidup tanpa sebuah gadget. Bagaimana bila satu atau dua media sosial yang paling membuat kita candu dihapus dari gadget? Hapus beberapa media sosial akan membuat rasa ingin tahu kita pada dunia luar sedikit menyusut hingga kita tidak begitu konsentrasi sama yang bernama gadget.

Tapi, tidak berarti kita jangan memakai media sosial ya. Bisa kok asal dipakai untuk hal yang berguna. Jika media sosial memunculkan imbas negatif seperti kecemburuan sosial dan lain-lain, lebih bagus berpindah ke web jika ingin masih tetap up-date berkenaan jagat maya.

Disamping itu, ada program games membikin tidak sedikit orang yang ketagihan bermain games, apa lagi games online yang harus harus meng-upgrade games dimainkan. Supaya ketagihan dapat menyusut, hapuslah beberapa program games online yang Anda punyai.

4. Simpan Gadget di Tas saat Berpergian

Tidak dapat disangkal, saat melancong bersama rekan atau keluarga sebagai saat yang benar-benar pas untuk mendokumentasikan peristiwa dan di upload ke media sosial. Hal itu sudah pasti dibolehkan dan tidak ada satu juga yang punyai hak untuk melarang, tetapi seharusnya jika waktu bincang-bincang diawali jauhi gadget itu dari hadapan atau pegangan kita. Taruh gadget dalam tas supaya situasi hangout atau kumpul dapat semakin berasa dan berguna. Dengan demikian, akan membuat kita awali terlatih tidak bergantung pada gadget.

5. Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Tingkat kebosanan seorang akan bertambah tajam saat hari liburan datang. Secara umum, gadget jadi jalan keluar terbaik untuk isi waktu kosong pada hari liburan untuk hilangkan rasa jemu. Walau sebenarnya ada beberapa hal membahagiakan yang lain yang dapat dilaksanakan untuk isi akhir pekan. Misalkan beres-beres rumah, mengolah, atau melihat film secara marathon dan ada banyak kembali.

Kegiatan semacam ini pelan-pelan akan membuat kita terlarut dalam situasi hingga lupa pada gadget. Agar aktivitas itu makin hebat, mengajak saudara, rekan bahkan juga kekasih untuk lakukan beragam kegiatan berguna saat akhir pekan.

Dekat dengan Orang Tersayang, Tingkatkan Kualitas Hidup

Tidak ada yang larang jika beberapa aktivitas yang sudah dilakukan harus memakai gadget, seperti menuntaskan pekerjaan kantor, menjalankan bisnis, mengontak client, sampai unggah peristiwa penting ke media sosial. Tetapi, jika semua masalah itu telah usai, tidak ada kelirunya meninggalkan gadget Anda untuk beberapa waktu. Hal ini sebagai langkah terbaik untuk tingkatkan kualitas hidup, yakni dengan berpindah dari gadget ke berkumpul sama beberapa orang yang kita cintai seperti keluarga, saudara, famili, dan rekan. Maksudnya supaya tali persaudaraan antara keduanya makin dekat dan kuat . Maka, tidak boleh sering tergantung dengan gadget ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image