Jumat 11 Mar 2022 15:47 WIB

Bank Sentral Global Fokus Inflasi, Perkirakan Pertumbuhan Berlanjut

Invasi Rusia ke Ukraina mendorong aksi jual yang meningkatkan tekanan pasar keuangan.

Red: Friska Yolandha
Trem melaju ke kota dengan latar belakang Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, Rabu, 19 Mei 2021. Eropa diperkirakan jadi yang paling rentan terhadap goncangan ekonomi yang lebih luas dari perang Rusia-Ukraina.
Foto: AP/Michael Probst
Trem melaju ke kota dengan latar belakang Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, Rabu, 19 Mei 2021. Eropa diperkirakan jadi yang paling rentan terhadap goncangan ekonomi yang lebih luas dari perang Rusia-Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Serangan Rusia terhadap Ukraina dapat memperlambat pertumbuhan global dan meningkatkan risiko-risiko ekonomi baru. Akan tetapi, bank-bank sentral terkemuka tetap fokus pada perang inflasi yang tampaknya akan meningkat.

Eropa diperkirakan jadi yang paling rentan terhadap goncangan ekonomi yang lebih luas dari perang. Akan tetapi Bank Sentral Eropa menjelaskan pada Kamis (10/3/2022) bahwa kawasan itu dapat menyerap pukulan yang diperkirakan terhadap pertumbuhan ekonomi tetapi tidak mampu bagi pembuat kebijakan untuk mengabaikan kenaikan harga-harga pada tingkat rekor di seluruh zona euro.

Baca Juga

ECB, menyebut perang sebagai momen penting dalam langkah mengejutkan mempercepat akhir dari salah satu program pembelian obligasi pandemi pentingnya dan membuka jalan bagi kemungkinan kenaikan suku bunga akhir tahun ini. Presiden ECB Christine Lagarde dalam konferensi pers mengatakan ekonomi dapat mengatasi guncangan dari perang dan kebijakan yang lebih ketat dan masih tumbuh kuat pada 2022. 

"Gangguan pasokan menunjukkan beberapa tanda pelonggaran. Dampak dari guncangan harga-harga energi besar-besaran pada orang-orang mungkin sebagian dapat diatasi dengan memanfaatkan penghematan yang terakumulasi selama pandemi," katanya.

photo
Gedung bank sentral AS the Federal Reserve - (AP Photo/Patrick Semansky)

"Anda dapat memotong inflasi dengan cara apa pun yang Anda inginkan dan melihat ukuran inti apa pun, itu di atas target dan meningkat. Kami memiliki mandat 2,0 persen dan kami gagal," kata salah satu pembuat kebijakan ECB, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Narasi serupa muncul di Amerika Serikat dan di tempat lain ketika para pejabat menimbang risiko ekonomi yang tiba-tiba dihadapi dunia terhadap kenaikan inflasi yang besar dan terus-menerus yang tak terduga yang terlihat ketika ekonomi-ekonomi utama dibuka kembali dari pandemi.

Invasi Rusia pada 24 Februari ke Ukraina telah mendorong aksi jual di pasar ekuitas global, meningkatkan beberapa ukuran tekanan pasar keuangan, dan terutama mendorong harga minyak. Tetapi tidak satu pun dari itu menunjukkan masalah sistemik, setidaknya belum. 

The Fed dan pejabat bank sentral lainnya telah mengatakan bahwa mereka yakin bahwa dukungan pasar yang memadai telah tersedia; metrik tekanan tidak meningkat sebanyak itu dibandingkan dengan guncangan keuangan sebelumnya. Harga minyak telah moderat, dengan perdagangan minyak mentah West Texas Intermediate Kamis (10/3/2022) sore sekitar 107 dolar AS per barel, turun dari 130 dolar AS awal pekan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement