Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dalelorrie laurie

Pemanfaatan Teknologi Internet, Begini Caranya

Eduaksi | Saturday, 12 Mar 2022, 20:59 WIB

Penggunaan teknologi internet dalam bisnis kini sudah dapat memberikan pengaruh besar bagi sebuah perusahaan. Bahkan, bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan besar saja, pelaku bisnis skala kecil pun telah merasakan perkembangan yang signifikan dalam bisnisnya ketika memaksimalkan layanan teknologi internet.

Wajar memang di era digital ini semua layanan internet mampu memberikan impact besar. Mulai dari email, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan layanan internet lainnya. Terasa aneh saja jika di era internet ada sebuah perusahaan yang bergerak di ranah bisnis, tetapi tidak memanfaatkan teknologi internet.

Oleh sebab itu, menariknya adalah semakin gencar perusahaan-perusahaan memanfaatkan teknologi internet maka semakin banyak juga penghasilan yang akan diraih. Meskipun saat ini persaingan semakin banyak juga. Namun, tidak mengapa, di sinilah setiap perusahaan dituntut harus pandai menggunakan layanan teknologi internet tersebut.

Apa itu teknologi internet?

Teknologi Internet (atau kependekan dari interconnection-networking) merupakan sistem global dari semua jaringan komputer. Jaringan ini saling terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP). Tujuannya untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Salah satu cara melayani miliaran user di seluruh dunia, yakni dengan diciptakannya layanan internet yaitu sosial media. Entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dan semacamnya. Mereka merupakan layanan internet paling populer agar semua manusia dapat berkomunikasi.

Baca Juga : 10 Macam Teknologi yang Digunakan untuk Akses Internet

Dampak positif dari beragamnya layanan internet yang tersedia, adalah pengguna dapat mengakses berita dengan cepat, lalu mempermudah juga dalam berbisnis, dan memperluas penyebaran informasi. Media sosial dapat membuat bisnis kita jadi terkenal dan memiliki banyak relasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dampak postifnya apa saja, berikut kami ulas selengkap-lengkapnya di bawah ini.

Inilah pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet dalam bisnis untuk suatu perusahaan/bisnis skala kecil

1. Mendekatkan bisnis dengan klien

Cara mudah untuk mendekatkan bisnis dengan calon klien, salah satunya dengan mengandalkan website. Kini sudah banyak orang-orang yang membuka usaha atau bisnis, lalu diarahkan ke website. Sebab, website merupakan layanan internet paling bagus untuk mengenalkan sebuah bisnis.

Selain website, alternatif lain untuk mendekatkan bisnis kita dengan klien, yakni dengan memaksimalkan Google Bussines dan Google Ads. Perusahaan-perusahaan ternama di seluruh dunia seringkali memanfaatkan kedua produk Google tersebut. Dan hasilnya, selain efektif, juga memuaskan.

2. Memahami tren

Perusahaan atau jenis bisnis skala kecil yang katakan lah pandai, mereka kerap memahami tren yang ada. Tiap tahunnya, bahkan kini tiap bulannya selalu ada tren baru dari segala topik bisnis. Dan perusahaan yang pandai, mereka kerap mengambil kesempatan ketika ada tren-tren baru bermunculan.

Tren ini terhubung dengan segala topik. Saat ada sepatu baru yang lagi hits, perusahaan yang bergerak di bidang fashion, langsung mengikuti alurnya. Langsung kemudian mencuri kesempatan. Inilah hebatnya teknologi internet.

3. Memberikan inovasi-inovasi baru

Teknologi internet mampu memberikan inovasi bagi sebuah bisnis. Sudah banyak perusahaan yang setidaknya meniru konsep perusahaan lain. Dan itu hanya berbekal dari inovasi baru yang telah muncul.

Meniru, dalam dunia bisnis, diperbolehkan. Karena setiap tiruan tidak akan sama sekali atau tidak akan menyerupai sedetail mungkin. Sudah pasti ada perbedaannya.

4. Pemasaran online

Tentu saja semua layanan internet dapat dimaksimalkan untuk pemasaran produk atau jasa. Setiap perusahaan, sudah pasti ada ruang khusus di sosial medianya. Mereka meneliti, layanan internet mana yang memberikan impact bagus. Lalu, fokus di sana. Di samping itu, layanan internet lainnya dikembangkan terus.

Baca Juga : 10 Teknologi Aplikasi Web Server yang Perlu Diketahui Banyak Orang

5. Komunikasi yang cepat

Saat ada kekeliruan atau ada semacam protes dari klien, dengan mudahnya teknologi internet ngasih komunikasi yang cepat bagi bisnis. Entah itu protes tersebut dijawab melalui Twitter/kolom komentar instagram.

6. Pengiriman dokumen gratis

Pengiriman dokumen pun gratis. Hanya mengandalkan email saja, semua laporan yang diterima sudah dapat dibalas dengan sigap.

7. Akses informasi cepat

Jenis teknologi ini memberikan ruang terhadap akses informasi yang kecepatannya secepat kilat. Promosi-promosi yang dilakukan dalam bisnis, dapat disampaikan dengan mudah.

Hanya berbekal kuota internet saja, semua penyebaran informasi langsung tersampaikan secara efektif dan gampang.

Bayangkan kehidupan pelaku bisnis di era teknologi internet yang belum memadai seperti sekarang, saat itu betapa susahnya menyebarkan informa..Selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image