Ahad 13 Mar 2022 18:53 WIB

Ini Sayuran Hijau Terbaik untuk Kontrol Lemak Tubuh

Di antara berbagai opsi sayur berdaun hijau, pokcoy adalah salah satu primadonanya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Endro Yuwanto
Sayuran pokcoy/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Sayuran pokcoy/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak berlebih yang tersimpan di dalam tubuh bisa meningkatkan beberapa risiko penyakit, seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker, hingga diabetes. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau merupakan salah satu cara untuk mencegah lemak berlebih di dalam tubuh.

Secara umum, semua sayuran berdaun hijau memiliki kandungan kalori yang rendah. Satu cangkir sayuran berdaun hijau rata-rata memiliki sekitar 10-15 kalori.

Baca Juga

Selain rendah kalori, sayuran berdaun hijau juga kaya akan serat. Asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga berat tetap sehat, sehingga kelebihan lemak di dalam tubuh bisa dicegah.

Di samping itu, studi pada 2014 dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa sayuran memiliki peran penting dalam menurunkan lemak tubuh. Menurut studi ini, orang-orang yang kerap mengonsumsi sayuran padat nutrisi memiliki kadar lemak visceral yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih baik.

Sayuran padat nutrisi yang dimaksud adalah sayuran yang tidak mengandung zat tepung dan berdaun hijau gelap. Contoh lain dari sayuran padat nutrisi adalah sayuran berwarna kuning atau oranye gelap yang tidak dijus atau digoreng.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sayur berdaun hijau gelap sebaiknya disajikan dalam bentuk utuhnya. Hindari konsumsi sayur berdaun hijau yang melalui terlalu banyak proses pengolahan.

Di antara berbagai opsi sayur berdaun hijau, pokcoy merupakan salah satu primadonanya. Selain dapat membantu mengontrol komposisi lemak tubuh, pokcoy juga memiliki rasa yang lezat dan dapat dikreasikan menjadi berbagai sajian.

Salah satu di antaranya adalah kreasi oseng pokcoy. Seperti dilansir EatThis, Ahad (13/3/2022), bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat oseng pokcoy adalah nasi merah, sayuran segar atau beku termasuk pokcoy, sumber protein yang disukai, serta saus yang disukai seperti saus tiram dan kecap asin.

Langkah pertama, masak nasi terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu, siapkan wajan di atas kompor dan campurkan semua bahan. Masak hingga matang dan semua bahan tercampur rata. Oseng pokcoy pun siap untuk disajikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement