Senin 14 Mar 2022 00:40 WIB

9 Manfaat Dzikir Menurut Ibnul Qayyim

Umat islam diperintahkan untuk memperbanyak dzikir,

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Berzikir (ilustrasi)
Foto: blog.sience.gc.ca
Berzikir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Umat islam diperintahkan untuk memperbanyak dzikir, karena hal ini mempunyai banyak manfaat. 

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, Ibnul Qayyim telah menemukan sekitar delapan puluh manfaat dzikir. Beliau mengatakan, Manfaatnya tidak terbatas. Di antara manfaat-manfaat itu adalah sebagai berikut : 

Baca Juga

1. mengusir syetan 

2. menggapai ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala

3. dapat menerima takdir Allah Subhanahu wa Ta'ala

4. memberikan ketenangan jiwa

5. menghilangkan waktu kosong, kesedihan, dan keresahan. 

6. mengumpulkan kekuatan dan tenaga (rohani) 

7. mendapatkan pahala 

8. menghapuskan dosa 

9. hati menjadi tenang dan mantap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Maka, berdzikirlah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala baik ketika sedang berdiri, duduk, maupun berbaring, baik di rumah, di jalan, di kendaraan, maupun di kantor. Dan jalinlah hubungan dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menjalin hubungan dengan orang yang mau menjalin hubungan dengan-Nya, memberikan hidayah kepada orang yang memohon hidayah-Nya dan memberikan rezeki kepada orang yang meminta rezeki kepada-Nya.

Ibnul Qayyim berkata, “Rasulullah ﷺ senantiasa berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, nafasnya, perkataannya, dan segala perilakunya adalah dzikir kepada-Nya.” 

Beliau berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala di saat berdiri, duduk, maupun berbaring. Beliau tidak pernah bergerak melainkan berdzikir kepada-Nya dan beliau juga tidak pernah diam melainkan berdzikir kepada-Nya. Jika berkhutbah, beliau menyebut nama-Nya dan jika berbicara, beliau juga selalu menyebut-Nya,

وَاذْكُرْ رَّبَّكَ فِيْ نَفْسِكَ... 

"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu..." (QS Al-Araf ayat 205)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement