Senin 14 Mar 2022 14:37 WIB

PLN Pasok Listrik untuk Smelter Freeport

Smelter Freeport nerada di kawasan industri JIIPE.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Smelter (Ilustrasi)
Smelter (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasok kebutuhan listrik untuk smelter feronikel PT Freeport Indonesia (PTFI). PLN dan Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) pemegang kendali kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) tempat smelter feronikel berdiri mensepakati Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) sebesar 170 MVA.

Direktur Utama PT BKMS Bambang Setiono menjelaskan melalui kerja sama ini bisa menjadi salah satu showcase untuk kepercayaan investor kedepannya untuk investasi di Indonesia, khususnya di JIIPE.

Baca Juga

"Melalui kerja sama ini kami mendapatkan KEK dan sekarang cukup banyak yang menghubungi kami dan kami sangat agresif untuk mengubungi calon-calon tenant," ujar Bambang, Senin (14/3/2022).

Direktur Utama Freeport Indonesia Tony Wenas menjelaskan salah satu kunci efisiensi dari pabrik pemurnian adalah listrik yang kompetitif. Dengan bekerja sama dengan PLN, maka efisiensi bisa didapatkan.

“Kami berharap semua semua pihak dapat mendukung proyek ini, yang merupakan salah satu barometer hilirisasi mineral di Indonesia, agar apa yang diharapkan Bapak Presiden yaitu timbulnya industri hilir lainnya sebagai turunan dari katoda tembaga, emas dan perak bisa tumbuh tidak hanya di JIIPE tapi juga di bagian lain di Indonesia,” ujar Tony.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement