Senin 14 Mar 2022 19:54 WIB

Debit Sungai Cimanuk Meningkat, Kewaspadaan Ditingkatkan

Sungai Cimanuk yang terbentang di wilayah Desa Lamarantarung sempat meluap.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Warga melintasi banjir akibat luapan sungai Cimanuk yang merendam puluhan rumah (ilustrasi)
Foto: Dedhez Anggara/ANTARA
Warga melintasi banjir akibat luapan sungai Cimanuk yang merendam puluhan rumah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Debit air sungai Cimanuk sempat meningkat. Pemerintah Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, yang wilayahnya dilalui sungai Cimanuk, terus meningkatkan kewaspadaan dengan memantau perkembangan debit air sungai tersebut.

Camat Cantigi, Ali Alamudin, menyebutkan, kondisi debit air Sungai Cimanuk yang terbentang di wilayah Desa Lamarantarung sempat meluap, Senin (14/3) pukul 08.00 WIB. Saat itu, debit airnya mencapai 508,686 meter kubik per detik. Namun, selang satu jam kemudian, debit sungai Cimanuk menurun di kisaran 460,613 meter kubik per detik.

Baca Juga

Meski demikian, Ali terus melakukan koordinasi dengan petugas operasional Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) untuk memastikan debit air benar-benar surut. "Debit air bisa saja naik lagi. Tapi kami sudah melakukan koordinasi dengan Danramil setempat serta pihak BBWS Cimancis," kata Ali, Senin (14/3/2022).

Ali menambahkan, untuk memperkuat koordinasi dengan lintas pemerintah desa di wilayah Kecamatan Cantigi dan pihak Kecamatan Sindang, telah dilakukan rapat bersama. Hal itu untuk memastikan informasi valid mengenai debit air sungai Cimanuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement