Selasa 15 Mar 2022 06:08 WIB

Ilmuwan Inggris Sebut Virus Flu Kini Lebih Mematikan dari Covid-19

Peluang kematian orang yang terkena Covid-19 kini lebih rendah dibandingkan flu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Peluang kematian orang yang terkena Covid-19 kini lebih rendah dibandingkan flu.
Foto: www.freepik.com.
Peluang kematian orang yang terkena Covid-19 kini lebih rendah dibandingkan flu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut analisis terbaru oleh Financial Times, seseorang yang saat ini terkena Covid 19 di Inggris memiliki peluang kematian lebih rendah daripada seseorang yang terkena influenza (flu). Temuan ini disebabkan oleh kombinasi tingkat kekebalan yang tinggi dan penurunan keparahan varian Omicron.

Lebih dari 80 persen orang berusia 12 tahun ke atas telah divaksinasi lengkap di Inggris. Sementara, hampir 70 persen dari kelompok ini telah menerima dosis booster.

Baca Juga

“Apakah omicron sama dengan flu? Tidak. Tetapi vaksin telah membuat risiko pada individu menjadi lebih rendah,” ujar Dr Raghib Ali, peneliti klinis senior dalam epidemiologi di Universitas Cambridge, seperti dilansir dari laman News 24, Senin (14/3/2022).

Ali menambahkan, hal ini tidak mungkin membuat lonjakan besar dalam penerimaan atau kematian di rumah sakit. Sementara omicron tetap menjadi varian dominan yang mendorong infeksi. Pada awal pandemi, dan sebelum vaksin tersedia, Covid merenggut nyawa lebih dari 1.000 dari setiap 100 ribu warga Inggris yang terinfeksi. 

"Ini membuat setidaknya 20 kali lebih mematikan daripada influenza," ujar penulis, John Burn-Murdoch.

 

Tingkat kematian yang lebih rendah

Perhitungan mereka menunjukkan, jumlah kematian terkait Covid di Inggris telah turun di bawah flu musiman. Tingkat kematian infeksi 0,04 persen, untuk pertama kalinya selama pandemi.

“Angka kematian akibat infeksi dari Covid 19 turun lebih dari 10 kali lipat dari lebih sedikit dari 1 persen pada Januari 2021 menjadi 0,1 persen pada Juli ketika kampanye vaksinasi Inggris diluncurkan, dan munculnya omicron membawa pengurangan tiga penyakit lebih lanjut,” tulis mereka.

Menurut perhitungan mereka, ini berarti untuk setiap 100 ribu kasus Omicron, 35 akan mengakibatkan kematian. Sebaliknya, jumlah kasus flu yang setara akan mengakibatkan 40 kematian. Temuan ini konsisten tanpa memandang usia.

Burn-Murdoch menjelaskan di Twitter, sementara kekebalan yang disebabkan oleh infeksi alami juga memainkan peran kunci dalam membangun kekebalan. Vaksinasi pendorong terbesar pengurangan kematian.

 

Bukan saatnya berpuas diri

Seorang ahli memperingatkan terhadap kepuasan diri yang dapat mengancam kemajuan yang dibuat melawan Covid. Pihaknya menekankan pentingnya orang-orang di atas 50 tahun, serta orang-orang yang tertekan kekebalan, menerima dosis penguat tambahan.

“Kami ingin menghindari keraguan dengan booster ekstra sekarang dan kemudian terjebak di belakang,” ujar profesor Julian Hiscox, ketua Infeksi dan Kesehatan Global di Universitas Liverpool.

Inggris mencatat lebih dari 160 ribu kematian sejak awal pandemi. Di sisi lain, flu dan pneumonia membunuh, rata-rata, sekitar 30 ribu orang di Inggris setiap tahun. Menurut National Health Foundation, penyakit yang lebih baru lebih mematikan daripada flu musiman. Covid juga menyebar lebih mudah daripada flu, yang mengarah pada peningkatan jumlah kasus yang lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement