Selasa 15 Mar 2022 19:59 WIB

Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Jika Anda Mengalami Kecemasan

Pakar kesehatan menyarankan mengonsumi buah utuh daripada jus buah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda mengalami kecemasan. (ilustrasi)
Foto: republika.co.id
Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda mengalami kecemasan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal yang dapat memengaruhi kecemasan Anda, salah satunya makanan dan minuman. Apa saja jenis makanan dan yang mungkin menyebabkan kecemasan? Simak artikel berikut seperti dilansir di laman New York Post, Selasa (15/3/2022): 

1. Jus buah

Baca Juga

Anda mungkin berpikir meminum jus buah merupakan aktivitas sehat. Kandungan gula yang tinggi dari minuman ini bisa membuat Anda merasa berenergi untuk sementara waktu. Namun, energi tersebut akan segera turun dan "berganti" dengan kadar gula yang tinggi. Pakar kesehatan menyarankan Anda mengonsumsi buah utuh.

2. Alkohol

Anda mungkin tahu alkohol dapat merusak pola tidur. Namun, kurang tidur juga terkait langsung dengan perasaan cemas. 

Pada saat ini, minuman mungkin membantu mengatasi saraf, tapi jika Anda minum terlalu banyak, Anda akan membayar harga keesokan harinya. Tak hanya dengan mabuk parah tetapi dengan kecemasan yang berkepanjangan.

3. Minuman diet bersoda

Minuman menyesatkan lainnya yaitu minuman diet bersoda mungkin tampak sebagai pilihan yang lebih sehat. Tetapi kelebihan kafein dalam minuman ini dapat meningkatkan tingkat kecemasan.

4. Roti panggang

Memulai hari libur Anda dengan roti panggang? Salah. Apalagi kalau itu roti putih. Tepung yang digunakan untuk membuat roti putih sangat diproses dan dapat membuat Anda merasa lebih buruk untuk dipakai setelah berubah menjadi gula darah.

5. Saus salad

Pilihan sehat lain yang menurut para ahli untuk dibuang adalah saus salad bebas gula atau ringan. Banyak di antaranya mendapatkan rasa dari aspartam, yang merupakan pemanis buatan yang dikaitkan dengan kecemasan dan depresi.

6. Saus tomat

Saus tomat juga termasuk dalam daftar makanan yang membuat Anda cemas, saus tomat sebagian besar terbuat dari gula, empat gram kekalahan per sendok makan. Jumlah gula dalam bumbu populer itu bisa menjadi penyebab kecemasan Anda jauh lebih buruk, alternatif yang lebih baik adalah salsa tomat segar buatan sendiri.

7. Kue dan donat

Meskipun tidak apa-apa pada hari ulang tahun Anda, makan terlalu banyak gula pada kue dikaitkan dengan kecemasan dan depresi. Itu karena tingginya kadar lemak trans yang dikandung makanan lezat itu, sekitar dua gram per porsi.

Meskipun kadang-kadang tidak apa-apa, donat mengandung semua bahan terburuk jika Anda adalah penderita kecemasan. Dengan banyak tambahan gula, sangat sedikit serat, tepung putih buruk yang ada di roti putih Anda dan semua lemak yang salah, camilan lezat ini mungkin tidak sepadan.

Tentu saja, semua makanan ini baik-baik saja sebagai camilan, tetapi jika Anda rutin mengonsumsinya dalam diet, terutama jika Anda sudah menderita kecemasan, mungkin sudah saatnya untuk membuangnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement