Rabu 16 Mar 2022 04:54 WIB

Dubes RI Dorong Pengembangan Sepak Bola dengan Tokyo Verdy

Dubes RI melakukan pertemuan dengan CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura
Foto: KBRI Tokyo
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura membahas pengembangan sepak bola Indonesia belum lama ini. Tokyo Verdy menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Indonesia.

“Saya berharap momentum bergabungnya hanke Tokyo Verdy dapat membuka lebih banyak lagi peluang peningkatan kerja sama sepak bola antara Indonesia dan Jepang,” ujar Dubes Heri dalam keterangan pers KBRI Tokyo, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga

Nakamura menyampaikan pihaknya tertarik untuk dapat bekerja sama lebih lanjut dengan Indonesia. “Kami menyadari sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Setelah kami merekrut pesepakbola Indonesia Pratama Arhan, Tokyo Verdy kini menjadi klub olahraga yang memiliki followers yang paling besar di Jepang,” tuturnya.

Tokyo Verdy kini tengah mempersiapkan serangkaian kegiatan setelah kedatangan hanke Jepang, termasuk press briefing dan kegiatan Indonesia Day. KBRI Tokyo menyambut baik inisiatif-inisiatif yang akan dilakukan oleh Tokyo Verdy.

“Namun kami berharap kerja sama sepak bola dengan Indonesia tidak berhenti hanya dengan mendatangkan pemain Indonesia, tetapi juga untuk kerja sama pengembangan kapasitas sepak bola Indonesia seperti pembukaan akademi sepak bola ataupun menerima internship dari pemain-pemain U-19 atau U-16 di Tokyo Verdy,” kata Dubes Heri.

CEO Tokyo Verdy merespons positif usulan Dubes Heri tersebut. Pihaknya menyampaikan ingin mengembangkan lebih banyak lagi kerja sama sepak bola dengan Indonesia. “Kami tertarik untuk bekerja sama dengan klub-klub sepak bola di Indonesia dan berkeinginan melakukan pre-season tour ke Indonesia,” kata Nakamura.

Berdasarkan penjajakan yang dilakukan KBRI Tokyo dengan mitra Jepang, saat ini terdapat ketertarikan yang tinggi dari J-League untuk mencari bibit-bibit unggul pesepak bola Indonesia. Diharapkan setelah direkrutnya Arhan, semakin banyak pesepak bola Indonesia yang dapat bermain di J-League.

Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka menuturkan telah membuka komunikasi dengan beberapa pelaku industri sepak bola Jepang yang tertarik bekerja sama untuk pengembangan sepak bola Indonesia. Menurutnya, peluang kerja sama industri sepak bola dengan Jepang kini mendapatkan momentum positif dengan direkrutnya Arhan oleh Tokyo Verdy.

“Saat ini, KBRI juga tengah menjajaki untuk dapat menghubungkan klub-klub sepak bola Indonesia dan Jepang untuk kerja sama lebih lanjut kedepannya,” kata Rima.  

Tokyo Verdy adalah klub sepak bola divisi 2 Jepang yang pernah meraih dua kali gelar juara J-league pada tahun 1993 dan 1994. Pada 16 Februari 2022, Tokyo Verdy mengumumkan telah merekrut pemain timnas sepak bola Indonesia, Pratama Arhan, yang merupakan pemain sepak bola Indonesia kelima yang mendapat kontrak dari klub Jepang.

Sebelumnya pesepak bola Indonesia Ricky Yakobi direkrut Matsushita Electric pada 1988, Irfan Bachdim direkrut Ventforet Kofu pada 2012, Stefano Lilipaly direkrut Consadole Sapporo pada 2014, dan Ryu Nugraha yang kini bermain untuk klub Divisi 3 Liga Jepang, Nagano Parceiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement