Jumat 18 Mar 2022 05:29 WIB

UMSU Raih Bintang 4 QS Stars World University Ranking

UMSU Raih Bintang 4 QS Stars World University Ranking

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
UMSU Raih Bintang 4 QS Stars World University Rangkings - Suara Muhammadiyah
UMSU Raih Bintang 4 QS Stars World University Rangkings - Suara Muhammadiyah

UMSU Raih Bintang 4 QS Stars World University Rangkings

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan internasional QS Stars World University Rangkings.

Pencapaian membanggakan itu ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing pimpinan fakultas, direktur pascasarjana dan badan Pembina Harian pada syukuran yang digelar secara langsung di Auditorium UMSU – Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Kota Medan, Senin (14/03) sore.

QS World University Rangking merupakan peringatan universitas tingkat dunia yang cukup terkenal, salah satu programnya adalah QS Stars. Melalui program tersebut UMSU berhasil meraih skor 699 sehingga mendapatkan bintang 4, jika meraih skor 700 akan mencapai bintang 5.

Diraihnya skor tersebut karena QS menilai 8 komponen yang menjadi penentu pemeringkatan berhasil dilewati. Di antaranya, UMSU mendapat bintang 5 untuk sistem pengajaran, fasilitas, perkembangan akademik. ketergunaan, tanggung jawab sosial dan keterbukaan.

Sementara itu untuk internasionalisasi mendapaatkan bitang 2 dan kedokteran meraih bintang 4. Komponen tersebut diukur dengan standar global oleh reviews dunia.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, dalam sambutannya bercerita bahwa mendapatkan pengakuan internasional lewat lembaga pemeringkatan telah menjadi impian UMSU sejak sepuluh tahun lalu. Pihaknya menjadikan program internasionalisasi kampus sebagai target capaian di tahun 2033. Bintang 4 yang diberikan QS menjadi bukti komitmen UMSU menjadi universitas berkualitas kelas dunia.

“Alhamdulillah ini tentu kesyukuran kita. Saya masih ingat kira-kira 10 tahun lalu, Pada saat itu kita bertekad mencoba untuk masuk di QS Rangking. Alhamdulillah apa yang diseriuskan membuahkan hasil,” tutur Prof. Agussani.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh lini universitas yang terlibat karena tanpa solidaritas dan komitmen bersama, pencapaian tersebut tidak bisa tercapai. Tidak hanya itu, Prof. Agussani mengatakan memasuki QS tidak hanya berdasarkan penilaian kriteria saja, namun juga kemampuan finansial untuk bergabung dengan universitas kelas dunia.

Sebelumnya, Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, MSi yang ditunjuk menjadi koordinator QS stars, menjelaskan bahwa proses pemeringkatan telah dilakukan sejak 17 November 2021 dengan proses yang sangat luar biasa. Menghadapi reviewers dunia dari Singapura, India, Cina, dan negara lainnya tentu tidak mudah.

“Dalam penyiapan dokumennya sangat luar biasa karena begitu detailnya reviewer. Kita berharap semoga ke depan, apabila program ini terus berjalan, maka kita dapat memperbaiki dan memaksimalkan data yang ada. Potret riset harus dikembangkan dan menjadi PR besar untuk kita,” ujar Rudianto.

Peresmian dilanjutkan dengan menyerahkan sertifikat QS Star kepada seluruh pimpinan fakultas dan Pascasarjana UMSU. Prosesi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika UMSU guna mengejar world university rangkings di Tahun 2033. (Syaifulh)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
رَّسُوْلًا يَّتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ اللّٰهِ مُبَيِّنٰتٍ لِّيُخْرِجَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُّدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ قَدْ اَحْسَنَ اللّٰهُ لَهٗ رِزْقًا
(dengan mengutus) seorang Rasul yang membacakan ayat-ayat Allah kepadamu yang menerangkan (bermacam-macam hukum), agar Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya.

(QS. At-Talaq ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement