Rabu 16 Mar 2022 10:44 WIB

UBSI Kampus Pontianak Beri Kesempatan Siswa SMK Tumbuhkan Potensi Diri

UBSI kampus Pontianak menerima siswa-siswi SMK yang praktik PKL

Red: Christiyaningsih
UBSI kampus Pontianak menerima siswa-siswi SMK yang praktik PKL.
Foto: UBSI
UBSI kampus Pontianak menerima siswa-siswi SMK yang praktik PKL.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Praktik kerja lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah dengan mengharuskan siswa mengenal dunia industri. Hal tersebut tentu saja untuk tujuan pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan agar para siswa mampu meningkatkan mutu dalam dunia kerja yang sesuai bidangnya.

Dalam praktiknya, siswa yang terlibat dalam kegiatan prakerin akan mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya masing-masing di sekolah. Pembekalan dari pembimbing biasanya berupa pengetahuan-pengetahuan dasar seputar dunia usaha atau industri yang akan mereka geluti. Dengan demikian siswa mampu beradaptasi dan menghadapi kendala yang mungkin terjadi dalam kegiatan PKL, serta kemungkinan berhadapan dengan pengetahuan baru yang belum pernah mereka pelajarinya di sekolah.

Baca Juga

Kegiatan PKL juga bisa dilakukan di lembaga pendidikan seperti di perguruan tinggi. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak salah satunya yang membuka peluang bagi para siswa-siswi SMK melakukan PKL di kampus tersebut.

Kepala Kampus Universitas BSI kampus Pontianak Eri Bayu Pratama mengungkapkan era teknologi saat ini tidak lepas dari aktivitas masa kini, dengan mengubah cara konvensional menjadi digital. Metode belajar juga tak lepas dari perkembangan teknologi yang sudah begitu masif.

“Saat ini begitu banyak SMK membuka jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi seperti multimedia, desain grafis, jaringan komputer, desain komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, dan lainnya. Jurusan tersebut akan mencetak banyak generasi muda dengan kemampuan literasi digital yang andal,” kata Eri.

Hendro, selaku pembimbing PKL dari SMK N 1 Rasau Jaya Kab. Kubu Raya, mengantarkan anak didiknya ke Universitas BSI kampus Pontianak untuk dilakukan bimbingan serta mentoring, terkait pelaksanaan selama PKL berlangsung hingga Agustus 2022 nanti. Menurutnya, PKL memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk bisa menambah wawasan baru ditempat mereka melaksanakan PKL.

“Untuk tahun 2022 ini, kita mengantarkan tiga siswa kami jurusan teknik komputer jaringan untuk dapat melakukan PKL di Universitas BSI kampus Pontianak. Semoga mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan bisa terus mengembangkan bidang ilmu yang diberikan dan belajar di dunia kerja secara langsung. Terima kasih pada Universitas BSI yang telah membuka kesempatan ini bagi siswa-siswi sekolah kami,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement