Rabu 16 Mar 2022 18:20 WIB

Dinkes: Vaksinasi Anak Usia Sekolah di Sumsel Capai 82 Persen

Dinkes Sumsel mencatat vaksinasi anak usia sekolah telah mencapai 82 persen.

Red: Bilal Ramadhan
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 ke salah satu pelajar pada vaksinasi massal di SMP Negeri 53 Palembang, Sumsel, Selasa (19/10/2021). Vaksinasi massal tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan herd immunity di lingkungan sekolah.
Foto: Antara/Feny Selly
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 ke salah satu pelajar pada vaksinasi massal di SMP Negeri 53 Palembang, Sumsel, Selasa (19/10/2021). Vaksinasi massal tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan herd immunity di lingkungan sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mencatat capaian atau realisasi pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk anak usia sekolah di provinsi itu hingga Maret 2022 mencapai 82 persen dari target 899.662 jiwa.

"Untuk mewujudkan capaian vaksinasi anak hingga 100 persen digencarkan pelayanan vaksinasi secara massal di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas serta sekolah-sekolah yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini, di Palembang, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga

Pelayanan vaksinasi anak tersebut dilakukan tim vaksinator jajaran Dinas Kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta didukung TNI/Polri. "Dukungan dari instansi terkait dalam mempercepat capaian vaksinasi anak ini sangat diharapkan, untuk itu terus dilakukan pendekatan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar kekebalan komunal atau herd immunity di Sumsel bisa maksimal," ujarnya.

Dia menjelaskan, percepatan pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak akan terus diupayakan sehingga bisa mendukung kegiatan belajar pertemuan tatap muka yang jadwal dan lama pertemuannya normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Untuk menyukseskan vaksinasi anak di wilayah provinsi ini, pihaknya mendorong daerah yang capaian masih rendah untuk segera melakukan percepatan vaksinasi anak itu," katanya.

Sementara berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19 di provinsi ini hingga Maret 2022 ini secara keseluruhan untuk dosis pertama sekitar 92 persen lebih dari target 6,3 juta jiwa.

"Melalui percepatan vaksinasi anak tersebut dan mulai dilakukannya vaksinasi dosis ketiga (booster) kepada masyarakat diharapkan bisa tercipta kekebalan komunal di Sumsel secara maksimal," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُنَا بَيِّنٰتٍ قَالُوْا مَا هٰذَآ اِلَّا رَجُلٌ يُّرِيْدُ اَنْ يَّصُدَّكُمْ عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ اٰبَاۤؤُكُمْ ۚوَقَالُوْا مَا هٰذَآ اِلَّآ اِفْكٌ مُّفْتَرًىۗ وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لِلْحَقِّ لَمَّا جَاۤءَهُمْۙ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang, mereka berkata, “Orang ini tidak lain hanya ingin menghalang-halangi kamu dari apa yang disembah oleh nenek moyangmu,” dan mereka berkata, “(Al-Qur'an) ini tidak lain hanyalah kebohongan yang diada-adakan saja.” Dan orang-orang kafir berkata terhadap kebenaran ketika kebenaran (Al-Qur'an) itu datang kepada mereka, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Saba' ayat 43)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement