Kamis 17 Mar 2022 17:22 WIB

Pria Asal Jakarta Jadi Korban Penipuan Pembelian Tiket MotoGP

Tiket yang diberikan berupa link berisi barcode ternyata tidak terdaftar.

Red: Andi Nur Aminah
Warga mencari tiket MotoGP Indonesia Grand Prix 2022 melalui situs belanja dalam jaringan (online) - ilustrasi
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warga mencari tiket MotoGP Indonesia Grand Prix 2022 melalui situs belanja dalam jaringan (online) - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Seorang pria asal Jakarta, Adam Gazali, mengaku menjadi korban penipuan dalam pembelian tiket penonton MotoGP (Pertamina Grand Prix Of Indonesia). Adam Gazali kepada wartawan di Mataram, Kamis (17/3/2022) mengaku dia tertipu setelah salah seorang rekannya melakukan penukaran di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Rabu (16/3).

"Setelah di cek sama petugas (penukaran tiket penonton MotoGP), link berisi barcode yang dikasih sama tempat saya beli itu dibilang tidak terdaftar," kata Adam.

Baca Juga

Adam yang mendengar kabar dari rekannya itu kembali mengecek pesan email yang telah dikirim sebelumnya oleh penjual. "Saya cek ulang pesan email yang dikirim itu, memang bentuknya link (tautan) begitu, tetapi pas saya buka sudah tidak bisa lagi, sudah bertulis error 404," ujarnya.

Karena merasa telah ditipu, Adam memutuskan untuk meneruskan permasalahannya ke pihak kepolisian. Dengan didampingi pengacara, Adam melaporkan masalahnya ke Polda NTB. "Rabu (16/3) malam saya sama pengacara pergi ke Polda NTB," ucap dia.

Dari Polda NTB melalui petugas sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT), Adam mendapat saran untuk mendahulukan penyelesaian permasalahan ini melalui mediasi. "Malam itu juga saya diminta telepon yang jual tiket, dan diangkat, dan dia akhirnya mau hadir dalam mediasi di Polda NTB," kata Adam.

Dalam pertemuannya, mediasi itu berujung pada sebuah kesepakatan yang mengharuskan pihak penjual mengembalikan uang tiket yang sudah dikirim sebelumnya oleh Adam via transfer perbankan. "Tenggat waktunya 24 jam, sampai Kamis (17/3) malam, kalau tak kunjung memenuhi kesepakatan yang telah dibuat, maka dipastikan saya bersama pengacara akan melanjutkan persoalan ini dengan membuat laporan resmi ke direktorat kriminal khusus," katanya.

Penjual tiket penonton MotoGP ini disebut Adam bernama Ari. Kepadanya, Ari mengaku bekerja di biro perjalanan wisata wilayah Lombok. Ketika itu, Adam melakukan transaksi pembelian 32 tiket penonton MotoGP dengan harga mencapai Rp 70 juta. Transaksinya dilakukannya melalui komunikasi telepon. Setelah sepakat, Adam melalui rekannya mengirim uang via perbankan kepada Ari. Setelah transaksi perbankan berhasil, Adam menerima pesan email berisi tautan barcode penukaran tiket penonton MotoGP.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement