Kamis 17 Mar 2022 17:35 WIB

Gandeng Spotify, Kominfo dan Siberkreasi Gelar Kelas Podcast Olahraga

Kelas podcast ini akan mengupas dasar-dasar pembuatan podcast

Red: Agung Sasongko
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast
Foto: istimewa
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast terbaru yang kali  ini mengangkat tema olahraga. Program peningkatan keterampilan khusus melalui program podcastgratis ini akan diadakan secara daring mulai 19 Maret hingga 3 April 2022 dan akan melibatkan berbagai narasumber terkemuka.

Dikutip dari Global Web Index (GWI), Indonesiamenempati urutan kedua untuk pendengar podcast terbanyak di dunia pada kuartal ketiga tahun 2021, dengan 35,6% pengguna internetnya mendengarkan podcast setiap minggunya. Lebih lanjut, survei jaringan Box2Box pada tahun 2020 juga mengungkapkan bahwa podcast bertema olahraga termasuk salah satu konten yang paling banyak dicari.

Baca Juga

"Menjawab pertumbuhan yang pesat ini, kami melihat literasi digital sebagai komponen kunci yang harus dimiliki setiap pembuat konten agar dapat menghasilkan karya yang berdampak positif. Kami percaya bahwa inisiatif ini akan menghadirkan tolak ukur baru, khususnya dalam memahami literasi digital, untuk terus membangun industri pembuatan konten di masa depan," ujar Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Aptika Kekominfo dalam keterangan persnya, Kamis (17/3/2022).

Sebagai rangkaian kedua dari Kelas Podcast Siberkreasi 2022, kelas podcast ini akan mengupas dasar-dasar pembuatan podcast audio yang berkualitas, dengan aplikasi khusus untuk membuat podcast bertema olahraga. Kelas-kelas tersebut tidak hanya menargetkan masyarakat umum, tetapi juga komunitas dan klub – termasuk klub olahraga yang tertarik untuk merilis podcast bertema olahraga.

Sesi pertama dari kelas podcast bertajuk "Pengantar Podcast untuk Olahraga" ini akan diselenggarakan pada Sabtu 19 Maret 2022 dengan menghadirkan Tio Utomo, pendiri Box2Box Podcast Network sebagai pembicara utama. Sesi kedua yang akan dilaksanakan pada Minggu 20 Maret 2022 akan lebih mendalami topik "Tips dan Trik Menjadi Podcaster Olahraga" yang akan dipandu oleh Randy Arbiyantama dan Febri Aryadi, Host podcast Retropus.

Selanjutnya peserta juga akan diajak untuk "Memahami Etika Podcaster di Dunia Olahraga" untuk sesi ketiga yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Maret 2022. Sesi keempat "Modal Komentator Olahraga: Boleh Provokatif Asal Tetap Suportif," akan dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Maret 2022.

Sesi 5 dan 6 untuk serial ini akan dilaksanakan pada hari Minggu pertama di minggu pertama bulan April yang jatuh pada tanggal 2 dan 3 April 2022. Sesi tersebut bertajuk "Promosi Podcast di Media Sosial" dan "Sudah Siap Menjadi Podcaster Olahraga."

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui https://s.id/siniarolahraga. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan literasi digital lainnya yang diadakan oleh Siberkreasi, kunjungi info.literasidigital.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement