Jumat 18 Mar 2022 00:05 WIB

AS Gelontorkan Bantuan 585 Juta Dolar untuk Yaman

AS menjanjikan bantuan kemanusiaan baru untuk Yaman pada 2022 senilai 585 juta dolar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
 Reruntuhan sisa perang di Kota Sana. AS menjanjikan bantuan kemanusiaan baru untuk Yaman pada 2022, senilai 585 juta dolar AS.
Foto: EPA-EFE/Yahya Arhab
Reruntuhan sisa perang di Kota Sana. AS menjanjikan bantuan kemanusiaan baru untuk Yaman pada 2022, senilai 585 juta dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/3/2022) menjanjikan bantuan kemanusiaan baru untuk Yaman pada 2022, senilai 585 juta dolar AS. Bantuan ini sebagai bagian dari upaya yang dipimpin oleh PBB untuk meningkatkan bantuan kepada jutaan orang Yaman yang menderita akibat konflik selama 8 tahun.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan anggaran bantuan itu  sebelum konferensi. Sebelumnya PBB membutuhkan dana tambahan sekitar 4,3 miliar dolar AS untuk bantuan kemanusiaan Yaman.

Blinken mencatat bahwa dana kemanusiaan mulai mengering awal tahun ini, sebelum perhatian dialihkan oleh operasi mikiter Rusia ke Ukraina. Kurangnya dana kemanusiaan memaksa penutupan atau pengurangan dua pertiga program PBB, dan pemotongan jatah makanan untuk 8 juta warga Yaman.

“Agresi tak beralasan pemerintah Rusia di Ukraina mengancam impor gandum Yaman. Baru di minggu pertama (operasi militer Rusia ke Ukraina), harga roti melonjak hingga 50 persen,” kata Blinken.

Blinken mengatakan, untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak warga Yaman, Amerika Serikat memberikan kontribusi baru sebesar 585 juta dolar AS untuk Yaman. Dengan demikian, total kontribusi AS ke Yaman sejak awal konflik menjadi 4,5 miliar dolar AS. Sementara Uni Eropa menjanjikan bantuan kemanusiaan senilai 407,4 juta dolar AS, dan Inggris menjanjikan 88 juta pound.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement