Sabtu 19 Mar 2022 17:20 WIB

Barito Putera Taklukkan Persik Kediri, Jaga Jarak dari Zona Degradasi

Barito Putera mengalahkan Persik 2-0 di Stadion kapten I Wayan Dipta, Sabtu (19/3).

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Barito Putera berhasil menaklukkan Persik Kediri 2-0 pada laga pekan ke-32 Liga 1 2021/2022. Gol Rafael Silva dan Buyung Ismu membawa poin penuh bagi Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (19/3/2022).

Hasil ini membuat Barito sedikit menjauh dari zona degradasi. Laskar Antasari berada di peringkat 15, mengoleksi nilai 32 dari 32 laga. Barito unggul lima poin dari Perspiura Jayapura di peringkat 16 yang belum memainkan pertandingan pekan ke-32.

Barito Putera tidak banyak mengganti skuadnya. Pelatih Rahmad Darmawan menurunkan Raphael Maitimo dan Beni Oktovianto dari menit pertama untuk menggantikan Rizki Pora dan Guy Junior.

Sementara itu pelatih Persik Javier Roca turut mengubah skuad pemainnya. Hanya ada dua pemain asing, Doinatan Machado dan Youssef Ezzejari yang bermain sejak menit pertama.

Barito Putera yang mendominasi permainan langsung mendapat gol dari Rafael Silva dari umpan Bruno Matos. Skor 1-0 atas Barito Putera tercipta pada menit ketujuh.

Menit ke-17, Barito Putera kembali mendapatkan peluang emas dari Bagas Kaffa. Tekanan pun terus dilakukan hingga akhirnya Bayu Pradana melakukan tendangan bebas yang masih bisa diantisipasi lini belakang Persik.

Persik yang mencoba menekan lini pertahanan Barito Putera gagal setelah peluang Ezzejari terlanjur menjadi pelanggaran. Menit ke-36, Ezzejari kembali melepas peluang emas.

Lima menit terakhir diisi oleh dominasi serangan Persik. Sayangnya hingga babak pertandingan terakhir Persik gagal menyamakan kedudukan.

Babak kedua, Barito Putera kembali melakukan serangan di lini pertahanan Persik. Persik yang mengandalkan serangan balik kemudian menekan hingga akhirnya mendapatkan peluang dari tendangan pojok meski gagal menjebol gawang Riyandi.

Ritme pertandingan sempat melambat karena kedua tim sama-sama memilih bermain bertahan. Menit ke-80, Sroyer melepas peluang emas setelah tendangannya masih menyamping gawang.

Menit 83, Persik kembali mendapatkan peluang dari tendangan bebas di luar kotak penalti yang gagal dieksekusi oleh Risna. Dua menit berselang, Buyung Ismu berhasil mencetak gol dari umpan solo run Bruno Matos. Bruno menyodorkan bola ke Buyung yang tak terkawal dan dengan mudah meneruskan bola ke gawang Persik. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Barito Putera.

Wasit memberikan tambahan waktu empat menit untuk akhir pertandingan. Tendangan bebas Persik gagal menjebol gawang Riyandi. Laga ditutup dengan peluang Persik yang masih menyamping gawang. Dengan hasil ini, sementara Persik tertahan di posisi sepuluh dengan raihan 38 poin.

Daftar Susunan Pemain

Persik Kediri: Dikri Yusron; Arthur Irawan (Fitra Ridwan 46'), Moch. Sabillah, Risna Prahalabenta; Agil Munawan, Ahmad Nufiandani (Fahmi Al Ayyubo 46'), Machado De Oliveira, Taufiq (M. Ridwan 77'), Yusud Burhani; Antoni Nugroho (Jeam Kelly Sroyer 47'), dan Youssef Ezzejari.

Barito Putera: Muhamad Riyandi; Kim Jinsung (Buyung Ismu Lessy 59'), Renan Silva, Saddam Hi Tenang (Miftah Anwar Sani 59'); Bayu Pradana, Bruno Matos, M. Firli, Raphael Maitimo; Bagas Kaffa, Beni Oktovianto (Ambrizal Umanailo 69'), dan Rafael Da Silva (Guy Junior 74').

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement