Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas LP Brebes

Alunan Adzan, Gerakan Warga Binaan Laksanan Sholat Berjamaah

Info Terkini | Saturday, 19 Mar 2022, 14:36 WIB
Sholat Berjamaah di Masjid At-Taubah (Foto:ist)

BREBES – Alunan adzan berkumandang di Masjid At - Taubah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Sabtu (19/03/2022). Suara panggilan waktu shalat mengetuk nurani para penghuni Lapas untuk menunaikan kewajiban.

Satu per satu para penghuni jeruji besi itu keluar. Mereka mengenakan baju muslim, bersarung dan berpeci. Selanjutnya, para Warga Binaan tersebut antre untuk mengambil air wudlu. Mereka bersuci sebelum menyembah kepada yang Maha Suci.

Seiring dengan itu, suara dari pengeras suara masjid terus berkumandang, namun kali ini berganti melantunkan pujian. Warga Binaan yang bergegas dari kamar tahanan semakin banyak, memadati masjid tersebut.

Ketika masjid penuh, para jamaah membeber karpet di teras masjid tempat ibadah itu. Tak hanya Napi, para petugas juga membaur untuk menunaikan Shalat Berjama'ah.

Kepala Lapas Brebes, Isnawan mengatakan, "Salah satu bentuk pembinaan kepribadian itu, mereka kita libatkan dalam di masjid Lapas. Kita wajibkan bagi yang muslim untuk Shalat Berjamaah Utamanya, shalat dhuha, dzuhur dan ashar" Ujar Isnawan.

“Sedangkan shalat wajib lainnya bisa dilakukan berjamaah di kamar masing-masing. Kemudian mereka juga kita ajari mengaji." Tambah Isnawan.

Isnawan berharap, dengan berbagai upaya itu, warga binaan benar-benar bisa merubah diri. Sehingga ketika kembali ke masyarakat dan keluarga mereka bisa berguna. “Selain pendekatan agama, mereka juga kita berikan keterampilan,” ujar Isnawan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image