Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Watie Soebandhi

Setelah Penantian Panjang, Akhirnya MotoGP Kembali Di Gelar Di Indonesia

Olahraga | Sunday, 20 Mar 2022, 10:20 WIB

Aku dan keluarga adalah salah satu pecinta olahraga otomotif MotoGP. Kami selalu menonton bersama sambil quality time dirumah. Waktu jaman dulu sebelum merantau, sering sekali mengadakan nobar di depan rumah bareng tetangga saat MotoGP digelar. Sambil bakar jagung dan singkong semakin memeriahkan suasana menonton balap motor motoGP.

Dulu pernah membayangkan kalau MotoGP dapat digelar di Indonesia. Tapi kini mimpi itu menjadi kenyataan. Setelah 25 tahun akhirnya Moto GP kembali digelar di Indonesia. Pada tahun 1996 dan 1997 Indonesia pernah menjadi tuan rumah gelaran MotoGP bertajuk Marlboro Grand Prix di Sirkuit Sentul. Gelaran MotoGP pada bulan Maret 2022 ini di gelar di Sirkuit Internasional Mandalika (secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit). Sirkuit balap memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sumber foto: instagram @simonpattersonphoto

Antusiasme masyarakat Indonesia menyambut MotoGP Mandalika begitu besar. Dimulai dari tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 yang telah dilaksanakan pada tanggal 11-13 februari 2022. Lalu dilanjut dengan kemeriahan parade iring-iringan pada hari rabu, tanggal 16 Maret 2022 yang sudah dilakukan dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI Jakarta. Acara penyambutan 20 Pembalap dunia sebelum berlaga di Sirkuit Mandalika ini disambut penuh suka cita.

Sumber foto: instagram @motogp

Kebanggaan Indonesia

Sempat dinyatakan berbahaya usai tes pramusim, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) langsung melakukan perbaikan dengan fokus melakukan pengaspalan ulang, menyelesaikan tribun penonton, perawatan dan penyedotan debu di lintasan Sirkuit Mandalika. Hingga pada akhirnya MotoGP siap diadakan di Sirkuit Mandalika pada bulan Maret ini, sudah pasti menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? ribuan orang dari seluruh dunia akan menyaksikan perhelatan secara langsung di Sirkuit Mandalika dan jutaan orang lainnya dari seluruh dunia akan menyaksikan melalui siaran TV ataupun siaran digital lainnya.

Rasa bangga dan kagum karena Indonesia sekarang memiliki sirkuit dengan fasilitas dunia dan berskala internasional. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mampu mencatat sejarah baru di dunia balap MotoGP.

Ajang promosi pariwisata Indonesia

Antusiasme motoGP juga disambut hangat oleh para pelaku wisata. Apalagi sejak pandemi covid 19, pariwisata juga ikut terdampak. Lombok sebagai salah satu surga wisata di Indonesia memiliki banyak tempat yang indah. Banyak para pembalap yang kagum dan jatuh cinta pada keindahan alam disana.

Akun instagram @marcmarquez93 milik Marc Marquez, pembalap dari Honda Repsol dan Juara Dunia MotoGP memposting saat dirinya sedang duduk dan menikmati keindahan alam Lombok.

Sumber Foto: instagram @marcmarquez93

Pembalap muda dari Yamaha, Fabio Quartararo juga memposting ketika dirinya sedang duduk membelakangi danau di Lombok melalui akun pribadinya @fabioquartararo20. Dalam postingannya, ia pun menuliskan kecintaannya pada Negara IndonSumber esia.

Sumber foto: instagram @fabioquartararo20

Akun milik Enea Bastiani, pembalap dari Ducati melalui akun miliknya @bestia23 juga memposting keindahan sirkuit mandalika bersama dengan seorang wanita sedang menikmati ayunan di pinggir pantai.

Ajang MotoGP Mandalika juga menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Indonesia pada dunia. Banyak para pembalap yang memposting pada media sosial pribadinya yang memposting keindahan alam Lombok.Iklan gratis yang di share para pembalap dunia melalui media sosial pribadi milik merkea diharapkan menjadi daya tarik para turis untuk berwisata ke Indonesia.

Tentunya UMKM mendapatkan jatah promosi juga, baik secara tidak langsung melalui postingan para pembalap, maupun secara langsung melalui program yang digulirkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Semisal penukaran 1 poin myIndiHome di beberapa tempat, seperti Nasi Balap Puyung, Black Box, Waroeng Sulawesi, Ashtari, dan lain sebagainya. Hal ini berdampak terhadap kemajuan UMKM, yang mampu membangkitkan ekonomi khususnya di tingkat lokal.

Sumber foto: instagram @indihome

Tidak perlu sedih kalau kita tidak bisa datang langsung untuk menonton kejuaraan dunia Moto GP di Mandalika. Yuk, mulai langganan layanan IndiHome Internet Stabil dan Wifi Cepat, download aplikasi UseeTV GO sekarang juga. Kita bisa duduk nyaman dengan menonton motoGP dimanapun.

Untuk melihat jadwalnya, bisa dilihat di instagram @indihome

Sumber foto: instagram @indihome

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image