Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puspa

Serunya MotoGP Mandalika, Nonton Balapan Sambil Berwisata

Olahraga | Sunday, 20 Mar 2022, 11:10 WIB
Keindahan Sirkuit Mandalika (sumber gambar: Republika)

Dalam beberapa jam ke depan, tepatnya hari ini, Minggu (20/3) pukul 14.00 WIB, kita akan bisa menyaksikan pertandingan MotoGP seri kedua yang diadakan di Sirkuit Mandalika atau yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Ada 24 pembalap dari 12 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan podium juara.

Tiket menonton MotoGP secara langsung di Sirkuit Mandalika sudah ludes terjual. Namun, penggemar MotoGP dan mereka yang penasaran dengan pertandingan ini tetap bisa menyaksikan serunya aksi balapan melalui televisi atau secara streaming dengan menggunakan fasilitas internet cepat.

Menyaksikan jalannya balapan MotoGP secara langsung di Mandalika, Praya, Lombok Tengah, tentunya bakal lebih memuaskan. Mendengar deru kendaraan saat melintasi sirkuit dan melihat secara langsung aksi pembalap saat melintasi tikungan, atau menyalip pembalap lainnya tentu memberikan sensasi dan pengalaman yang menarik.

Belum lagi sirkuit Mandalika ini termasuk salah satu sirkuit MotoGP yang menarik dan unik karena sirkuit ini dikelilingi oleh bebukitan dan pantai yang menawan. Saya sendiri pernah berkunjung dan melintasi sisi luar sirkuit ini. Sejak melihat area sirkuitnya, saya takjub oleh panorama sekeliling sirkuit ini.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,31 kilometer. Ada 17 tikungan di sirkuit ini. Nah, ketika saya berkunjung ke sini pada awal bulan Desember 2021, kami diajak menyaksikan sirkuit dari Bukit Jokowi di mana kami bisa menyaksikan area start dan finish serta trek lurus terpanjang.

Salah satu area strategis menonton MotoGP Mandalika (dokpri)
Di sini lokasi paddock dan motor Marshal (dokpri)

Saat itu kami juga menyaksikan paddock dari dekat, juga selintas fasilitasnya. Kami juga diajak mencicipi berkendara di sisi luar sirkuit. Nah, selama berkendara kami juga menikmati panorama bebukitan, di antaranya Bukit Merese, Bukit Seger, Bukit Sebango, Bukit Antara, dan Bukit Pingkudak.

Sirkuit Mandalika ini memang cantik. Setelah atau sebelum menyaksikan lomba, penonton bisa menikmati berbagai obyek wisata dari wisata bebukitan hijau Bukit Merese, menyesapi pantai berpasir putih di Tanjung Aan, menengok keelokan Pantai Seger, menyaksikan aksi peselancar menaklukkan ombak di Pantai Selong Belanak, atau sekadar jalan-jalan santai di Pantai Kuta dan Pantai Mawun.

Sirkuit Mandalika yang cantik (dokpri)

Usai menyaksikan balapan, penonton juga bisa berbelanja makanan dan suvenir khas Lombok di toko oleh-oleh komplet di Lombok Exotic Oleh-oleh dan Sasaku Lombok Merchandise. Atau juga bisa membeli aneka kerajinan tenun di Desa Sade dan produk khas Desa Wisata Bilabante. Lombok ini memang kaya potensi. Produk kerajinan dan makanannya berlimpah dari tenun khas Lombok, kerajinan mutiara, aneka produk rumput laut, aneka olahan sarang burung walet, dan juga madu.

Bukit Merese yang elok (dokpri)
Pantai Kuta Mandalika yang berpanorama menawan (dokpri)

Penonton yang beruntung adalah mereka yang menonton langsung MotoGP di Mandalika dan merupakan pelanggan IndiHome. Pasalnya, Sobat IndiHome bisa mendapatkan traktiran gratis dengan cara menukar poin MyIndiHome. Kalian bisa mendapatkan makanan, minuman, dan juga oleh-oleh secara cuma-cuma dengan hanya menukar satu poin.

Lokasi yang bisa dipilih untuk menukar poin salah satunya Rumah Makan Cahaya Balap Puyung. Nasi balap puyung sendiri termasuk makanan yang populer dan khas Lombok. Penampilan masakannya nampak sederhana namun lezat. Tempat pilihan lainnya untuk menukar sekaligus berwisata kuliner dan membeli oleh-oleh antara lain Waroeng Kane, Waroeng Sulawesi, Kuta Paradise Restaurant, Lombok Exotic Oleh-oleh dan Sasaku Lombok Merchandise.

Salah satu koleksi Lombok Exotic (dokpri)

Bagi yang ingin menonton di mana saja, maka bisa menyaksikan ajang balapan ini di IndiHome TV di Channel SPOT TV. Di manapun kalian bisa nonton dengan Wifi cepat dengan IndiHome internet stabil. Atau jika ingin membaca berbagai beritanya dan melakukan aktivitas tanpa batas seputar MotoGP dengan internet cepat maka juga bisa menggunakan layanan IndiHome.

Wah rasanya sudah tak sabar menyaksikan keseruan ajang balap MotoGP di Mandalika ini. Duh siapa ya yang bakalan jadi juaranya?!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image