Senin 21 Mar 2022 14:11 WIB

Dirut Pertamina Bangga atas keberhasilan penyelenggaraan MotoGP

Pertamina menjadi sponsor utama dalam MotoGP Mandalika 2022

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pembalap MotoGP beraksi di awal Grand Prix Sepeda Motor Indonesia di sirkuit jalan Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia, 20 Maret 2022.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pembalap MotoGP beraksi di awal Grand Prix Sepeda Motor Indonesia di sirkuit jalan Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia, 20 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mengapresiasi semua pihak yang telah menyukseskan olahraga balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Terima kasih kepada semua pihak yang membantu perhelatan akbar ini. Tentunya kami merasa bangga dan senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan yang berjalan dengan baik dan sukses ini, meski balapannya dalam cuaca hujan," ujar Nicke melalui keterangan di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan ajang balapan itu berdampak terhadap kebangkitan ekonomi terutama untuk kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya kebangkitan para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita," ucapnya.

Sejak tiga bulan lalu Pertamina sudah menyiapkan UMKM binaan perseroan untuk hadir dalam ajang MotoGP Mandalika. Bahkan, Pertamina telah melakukan kurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM terutama aneka makanan dan minuman untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika.

"UMKM kita menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, ada juga berbagai produk lokal seperti kopi, madu, kerajinan tangan, dan juga souvenir khas Lombok yakni mutiara. Tentu ini jadi momen untuk UMKM di NTB bisa bangkit dan mendunia," kata Nicke.

Pertamina menjadi sponsor utama dalam MotoGP Mandalika 2022, baik dalam penamaan sirkuit berupa Pertamina Mandalika International Street Circuit maupun dalam pelaksanaan balapan melalui Pertamina Grand Prix of Indonesia. Keterlibatan Pertamina dilakukan dalam upaya mendukung instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas.

Nicke memproyeksikan nilai perputaran uang dalam ajang balapan motor terbesar di dunia tersebut mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Dalam ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia tersebut, pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira finish sebagai pemenang, disusul oleh Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha pada urutan kedua, dan Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati pada posisi ketiga.

Balapan itu dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Ia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia. "Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh, dan juga seluruh pihak baik penyenggara maupun seluruh pekerja yang siang malam menyiapkan kegiatan ini," jelas Nicke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement