Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Didik Purwanto

Marc Marquez Absen, MotoGP Mandalika Tetap Keren

Olahraga | Sunday, 20 Mar 2022, 16:08 WIB

Ajang MotoGP Mandalika sudah resmi digelar. Rangkaian balapan pun dimulai bahkan melibatkan kelas Moto3, Moto2, hingga kelas bergengsi MotoGP.

Meski di detik-detik akhir diumumkan Marc Marquez absen balapan akibat kecelakaan, MotoGP Mandalika akan tetap dilanjutkan meski sempat tertunda akibat hujan.

Pebalap Marc Marquez saat mencoba latihan di aspal MotoGP Mandalika. Foto: Dok Republika

Ajang MotoGP pertama kali digelar pada tahun 1949. Balapan pertama GP diadakan di bawah aturan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) yakni Snaefell Mountain di Isle of Man TT pada Juni 1949.

Memang bukan pertama kali Indonesia menggelar MotoGP. Dalam sejarahnya, Indonesia pernah menggelar ajang balapan tersebut pada 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kala itu, balapan motor ini melombakan kelas 125 cc, 250 cc, dan kelas premier 500 cc.

Kali kedua ini, Indonesia menjadi tuan rumah perlombaan balapan motor bergengsi di dunia. Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi saksi Marc Marquez hingga Fabio Quartararo mengaspal di lintasan sepanjang 4,31 kilometer tersebut.

Momen Gaungkan Indonesia

Sudah pasti masyarakat dunia berbondong-bondong menyaksikan keseruan ajang bergengsi ini. Meski digelar saat pandemi COVID-19, ajang tersebut sekaligus menggaungkan kepada dunia bahwa Indonesia aman.

Negeri beribu pulau ini berhasil meyakinkan masyarakat dunia untuk menggelar ajang prestisius, bahkan sekelas MotoGP. Meski tidak sefanatik fans sepak bola, penggemar MotoGP tentu tidak akan melewatkan momen seru ini untuk melihat pebalap favorit menginjakkan kaki di bumi Nusantara, khususnya di Pulau Seribu Masjid ini.

Berlokasi di sebelah Bali, Mandalika yang terletak di kawasan ekonomi khusus ini memang akan diubah menjadi kawasan bergengsi. Tidak hanya untuk pariwisata, tapi juga untuk pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE).

Penulis dan sejumlah pewarta liburan di Kuta Mandalika. Foto: Dokumen Didik Purwanto

Dengan ajang MotoGP ini, seolah membuka mata dunia bahwa Indonesia tidak hanya Bali. Indonesia juga punya Lombok dan beragam keunikan di pulau-pulau lain.

MotoGP ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Baik dari penginapan, suvenir, kuliner dan kerajinan lainnya.

Masyarakat bagian tengah dan timur Indonesia pun tak akan jauh-jauh ke DKI Jakarta untuk menontonnya. Ini berarti akan memudahkan akses bagi masyarakat lokal, maupun masyarakat dunia.

Masyarakat lokal dapat mengakses Mandalika melalui beberapa pelabuhan di Lombok. Begitu juga akses mumpuni Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok yang sudah menerima penerbangan asing.

Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat menargetkan, kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2022 sekitar 1,5 juta orang. Angka tersebut tidak jauh dari pencapaian pada 2021 sekitar angka tersebut. Padahal, kunjungan wisatawan sebelum pandemi COVID-19 sekitar 4 juta orang.

Wisatawan yang berkunjung ke NTB tahun ini diprediksi didominasi wisatawan domestik atau nusantara, terutama dari daerah urban seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Dengan gelaran MotoGP di Mandalika ini, Pemprov Nusa Tenggara Barat tentu berharap tuah wisatawan akan berlimpah. Targetnya akan mendatangkan 200 ribu wisatawan.

Untuk mencapai hal tersebut, selain MotoGP di Mandalika, gelaran lain yang akan meraup wisatawan yakni World Superbike hingga Motocross World Championship (MXGP). Semoga tercapai ya.

Nonton MotoGP Makin Seru

Nonton MotoGP paling seru emang langsung datang ke sirkuitnya. Bisa melihat dengan kepala sendiri akan menjadi kepuasan sepanjang masa.

Menikmati kuliner sambil pakai IndiHome internet stabil di Mandalika.

Sebelnya, aku baru tahu kalo IndiHome tuh lagi bagi-bagi tiket nonton MotoGP gratis. Cara pun gampang banget lagi. Cuman menukarkan 1 poin myIndiHome dan posting foto di media sosial.

Nah, kalau udah di sana, pasti kita akan bebas foto-foto, bikin video, atau instastory dan main TikTok sambil melihat pebalap kesayangan lagi mengaspal.

Buat internet cepat, ngga usah bingung cari paket data. Soalnya di Mandalika, ada wifi cepat dari IndiHome Internet Stabil yang akan memuaskan kalian untuk main sosmed.

Pewarta asal Irlandia Utara Simon Patterson memuji wifi cepat MotoGP di Mandalika.

Buat yang ketinggalan tidak dapat menyaksikan siaran langsung MotoGP di Mandalika, bisa unduh aplikasi UseeTV Go. Nanti pilih aja channel SPO TV yang akan menyiarkan siaran langsung balapan internasional ini.

Dengan aktivitas tanpa batas sambil nonton MotoGP di Mandalika ini bikin kita lupa ada pandemi. Semoga pandemi lekas usai, kita bisa hidup normal tanpa ketakutan virus mematikan lagi.

Semoga destinasi wisata lokal makin banyak dikunjungi, baik turis lokal maupun turis luar negeri.

Imbasnya, ekonomi tumbuh lagi. Indonesia bisa setara dengan negara maju sebentar lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image