Senin 21 Mar 2022 16:39 WIB

Kelas Jauh Program S1 Universitas Terbuka Diharapkan Tingkatkan SDM Kabupaten Puncak Jaya

UT ini membuka empat jurusan untuk Strata 1 (S1).

Red: Gilang Akbar Prambadi
Universitas Terbuka Kabupaten Puncak Jaya.
Foto: Dok. UT
Universitas Terbuka Kabupaten Puncak Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, PUNCAK JAYA -- Universitas Terbuka (UT) perdana hadir di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua, sekaligus melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa/i Baru dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh di Aula Sasanak Kaonak. Ketua Tim Universitas Terbuka Kabupaten Puncak Jaya Yubelina Enumbi mengatakan, sudah bekerja sama dengan Univeritas Terbuka di Kota Jayapura dengan membuka empat jurusan untuk Strata 1 (S1).

"Diantaranya program studi PAUD, prodi management, prodi ilmu pemerintahan dan prodi hukum dengan jumlah mahasiswa kami disini ada 66 orang untuk semua prodi," tutur Yubelina Enumbi, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Yubelina Enumbi menjelaskan, untuk mahasiswa yang ikut kuliah di sini melewati tahap seleksi administrasi. "Mereka ada seleksi yang mana mereka ada seleksi administrasi dimana setiap mahasiswa mengisi form yang diisi yaitu seperti biodata, kartu keluarga dan lain-lain satunya juga mahasiswa ini harus tamatan SMA, setara atau paling tidak paket C," kata Yubelina Enumbi.

Namun, kata dia, kuliah di Universitas Terbuka ternyata tidak dibiayai Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Puncak Jaya melainkan mahasiswa/i membayar secara mandiri.

"Universitas Terbuka ini tidak ada pembiayaan dari Pemda, semuanya ini masing-masing mahasiswa mandiri, jadi bagi mereka yang mau belajar dan ingin belajar mereka membayar SPP dengan apa yang sudah ada di Universitas Terbuka seperti itu, mandiri mereka," ujar Yubelina Enumbi.

Ia pun mengharapkan, dengan adanya Universitas Terbuka bisa meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) di Kabupaten Puncak Jaya.

"Jadi harapan kami untuk peningkatan SDM di Kabupaten Puncak Jaya, yang mana banyak warga Puncak Jaya ingin kuliah untuk memperbaiki SDM mereka tapi harus pergi ke Jayapura meninggalkan tempat tugas seperti itu, dengan adanya UT diharapkan mahasiswa ini dapat bekerja dan juga dapat meningkatkan SDM mereka," kata Yubelina Enumbi.

Ke depan, kata dia, jika masih ada yang minat belajar Strata 2 (S2) akan dibuka dalam pendaftaran berikutnya. "Jadi ini memang perdana kami buat, rencana kami juga kalau kedepan ada yang minat S2, kami akan buka pendaftaran berikut dengan proses pembelajaran untuk semester berikut dan sekarang rata-rata semua S1," kata Yubelina Enumbi.

Sementara itu, salah satu mahasiswi jurusan S1 Management Yohana Game, sangat senang dan berterima kasih Univeritas Terbuka ada di Kabupaten Puncak Jaya.

"Saya jurusan S1 Management, sangat senang sekali Univeritas Terbuka hadir di Kabupaten Puncak Jaya," kata mahasiswi berusia 23 tahun ini.

Ia bercerita, mengambil kuliah di Univeraitas Terbuka Puncak Jaya karena mempunyai alasan keluarga yang tidak bisa ditinggal.

"Karena kami punya keluarga ingin kuliah tapi karen kampungnya jauh terus jauh dari keluarga jadi tidak bisa ditinggalkan, karena sudah terlanjur menikah terus punya keluarga dan suami tugas di sini, jadi tidak bisa jarak jauh, sehingga ada kesempatan yang dipercayakan kepada kakak Tubelina untuk membukakan tempat kuliah ini sehingga kami senang sekali dan kami daftar di sini," kata Yohana Game.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement