Selasa 22 Mar 2022 10:10 WIB

Belgia Hadapi Kekurangan Pasokan Minyak Goreng dan Tepung

Supermarket di Belgia telah membatasi penjualan berbagai produk.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Pembeli antre melakukan pembayaran di sebuah supermarket, Senin (21/3/2022). Konflik Rusia-Ukraina menyebabkan Belgia mengalami kekurangan pasokan minyak goreng yang terbuat dari bunga matahari dan tepung.
Foto: AP Photo/Richard Vogel
Pembeli antre melakukan pembayaran di sebuah supermarket, Senin (21/3/2022). Konflik Rusia-Ukraina menyebabkan Belgia mengalami kekurangan pasokan minyak goreng yang terbuat dari bunga matahari dan tepung.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Konflik Rusia-Ukraina menyebabkan Belgia mengalami kekurangan pasokan minyak goreng yang terbuat dari bunga matahari dan tepung. Sebagian besar supermarket di Belgia telah membatasi penjualan berbagai produk seperti minyak goreng, tepung, kertas toilet, dan makanan kaleng.

Dilansir Anadolu Agency, Selasa (22/3/2022), jaringan grosir terbesar Belgia, Colruyt, membatasi penjualan tepung dan minyak bunga matahari pada Jumat (18/3/2022). Pihak supermarket membatasi pembelian minyak goreng maksimum dua liter, dan dua kilogram tepung kepada pelanggan.

Baca Juga

Pada hari yang sama, supermarket Lidl melakukan langkah serupa. Lidl membatasi pembelian produk seperti tepung, minyak goreng, sayuran kaleng dan kertas toilet. Lidl membatasi pembelian maksimum dua liter minyak goreng, dua kaleng sayuran, dan tiga bungkus kertas toilet. 

Belum lama ini, jaringan supermarket Aldi dan Carrefour juga memberlakukan pembatasan penjualan berbagai produk seperti tepung dan minyak goreng. Aldi mulai membatasi penjualan minyak goreng, tepung terigu, gandum, dan campuran tepung menjadi tiga unit.

Sementara Carrefour juga membatasi penjualan tepung dan minyak goreng. Meskipun ada pembatasan, sejauh ini minyak bunga matahari dan tepung tidak dapat ditemukan di sebagian besar pasar.

Perang Rusia-Ukraina menimbulkan kekhawatiran masalah pasokan, terutama untuk produk kebutuhan pokok seperti minyak goreng dan tepung. Rusia dan Ukraina merupakan salah satu produsen gandum dan minyak bunga matahari terbesar di dunia. Perang menyebabkan kedua negara tersebut tidak lagi memasok tepung terigu dan minyak bunga matahari.

Pembatasan serupa juga terjadi di Belgia pada musim semi 2020, atau pada awal pandemi Covid-19. Ketika itu Belgia memperketat lalu lintas di perbatasan, termasuk membatasi penjualan berbagai produk seperti tepung, pasta, dan kertas toilet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement