Rabu 23 Mar 2022 16:34 WIB

Dubes Rusia di Jakarta Sebut Putin akan Hadiri KTT G20

Putin berencana untuk menghadiri KTT G20

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghadiri Pertemuan Puncak (KTT) G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia
Foto: (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin via AP
Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghadiri Pertemuan Puncak (KTT) G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghadiri Pertemuan Puncak (KTT) G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia sebagai presiden G20 2022. Hal ini dikatakan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di Jakarta pada Rabu (23/3/2022).

Pernyataannya muncul menyusul juga seruan oleh beberapa anggota agar Rusia dilarang dari kelompok tersebut. "Tidak hanya G20, banyak organisasi berusaha untuk mengusir Rusia, reaksi Barat benar-benar tidak proporsional," kata duta besar Lyudmila Vorobieva pada konferensi pers pada Rabu.

Amerika Serikat (AS) dan sekutu Baratnya sedang menilai apakah Rusia harus tetap berada dalam kelompok ekonomi utama Kelompok Dua Puluh (G20) setelah invasinya ke Ukraina atau tidak.

Dalam perang Rusia-Ukraina, Indonesia menekankan untuk menghentikan peperangan.  Indonesia juga menegaskan untuk menghormati hukum internasional dan piagam PBB, khususnya pada prinsip menghormati integritas wilayah dan kedaulatan negara lain, harus ditegakkan dengan kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement