Ahad 27 Mar 2022 07:45 WIB

Aston Villa akan Permanenkan Philippe Coutinho

Aston Villa telah secara resmi mendekati Barcelona mengenai transfer Coutinho.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Aston Villa Philippe Coutinho bertepuk tangan. Villa bertekad mempermanenkan Coutinho.
Foto: AP/Rui Vieira
Pemain Aston Villa Philippe Coutinho bertepuk tangan. Villa bertekad mempermanenkan Coutinho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aston Villa dilaporkan telah secara resmi mendekati Barcelona mengenai transfer permanen untuk Philippe Coutinho. Tim asuhan Steven Gerrard itu sangat ingin mengontrak playmaker asal Brasil tersebut karena terkesan selama tugas singkatnya sejauh ini setelah kembali ke Liga Primer Inggris.

Villa dapat mengontrak Coutinho seharga 34 juta poundsterling di jendela musim panas sesuai klausul dalam kesepakatan pinjamannya. Coutinho kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Villa dengan status pinjaman selama enam bulan dari Barcelona selama jendela transfer Januari 2022.

Baca Juga

Mantan gelandang Liverpool itu seketika menjadi sorotan. Ia mencetak empat gol dan tiga assist dalam sepuluh penampilan Liga Primer Inggris. Penampilan pertamanya kembali di Liga Primer Inggris datang melawan Manchester United. Ia mencetak gol di babak kedua selama 22 menit untuk membantu Villa bermain imbang 2-2.

Usai Coutinho mencapai performa terbaiknya, Villa sangat ingin mengikatnya ke kontrak permanen dengan harapan dapat menciptakan kembali keajaiban seperti yang ia lakukan bersama Liverpool.

Pemain Brasil itu bergabung dengan the Reds via transfer 13 juta euro dari Inter Milan pada 2013 dan menghabiskan lima tahun di Anfield. Ia tumbuh menjadi pemain terpenting klub selama periode itu, mencetak 54 gol dan 45 assist dalam 201 pertandingan.

Coutinho kemudian dijual ke Barcelona pada jendela transfer Januari 2018 dengan biaya rekor klub 160 juta euro. Rumput tidak lebih hijau untuk pemain Brasil di Spanyol saat ia berjuang untuk masuk ke dalam starting line-up Barcelona.

Coutinho lalu dipinjamkan ke Bayern Muenchen selama 18 bulan. Di Bavaria, ia mencetak 11 gol dan membuat sembilan assist dalam 38 pertandingan. Barca menarik kembali Coutinho dan berharap akan melanjutkan dengan penampilan yang sama seperti di Muenchen, tetapi itu tidak terjadi.

Periode ketidakkonsistenan lainnya terjadi di Barcelona. ​​Setelah itu ia bergabung dengan Aston Villa.

Coutinho telah membuat 106 penampilan untuk Barcelona, mencetak 25 dan membantu 14 gol.

Tetapi dengan masa pinjaman yang berbuah di Villa, pemain berusia 29 tahun itu memiliki kesempatan untuk menghidupkan kembali kariernya di bawah mantan rekan setimnya di Liverpool, Gerrard, yang tidak merahasiakan bahwa dia ingin pemain Brasil itu bergabung dengan Villans secara permanen.

Villa dilaporkan optimistis menyelesaikan penandatanganan, tetapi satu aspek yang dapat menyebabkan ganjalan adalah tuntutan upah Coutinho. Dia menghasilkan sekitar 500 ribu poundsterling per pekan di Barcelona.

Ini ​jumlah yang besar bagi klub seperti Villa. Coutinho, dengan demikian, harus mengambil pemotongan gaji tetapi ia bisa dibujuk jika klub menawarkan kontrak panjang.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement