Senin 28 Mar 2022 06:05 WIB

Max Verstappen Berjaya di GP F1 Arab Saudi

Max Verstappen hanya unggul 0,5 detik dari Charles Leclerc di posisi kedua.

Red: Israr Itah
Pembalap Red Bull Max Verstappen menerima piala juara GP F1 Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/STR
Pembalap Red Bull Max Verstappen menerima piala juara GP F1 Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia Formula 1 (F1) Max Verstappen menyalip rivalnya dari tim Ferrari Charles Leclerc pada empat lap terakhir jelang finis untuk menjadi juara Grand Prix Arab Saudi di Sirkuit Corniche, Jeddah, Ahad (27/3/2022). Dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 19,293 detik, pembalap tim Red Bull yang start dari P4 menyentuh garis finis 0,5 detik di depan Leclerc. 

Meski demikian, Leclerc tetap menjaga posisi pimpinan klasemen pembalap. Sebab ia berjaya mengemas kemenangan di balapan pembuka F1 musim ini, Grand Prix Bahrain, pekan lalu. Di mobil kedua Ferrari, Carlos Sainz melengkapi podium setelah finis ketiga.

Baca Juga

Kemenangan itu menjadi kali ke-21 dalam karier Verstappen sekaligus mempersembahkan poin pertama bagi sang pembalap Belanda pada musim ini menyusul gagalnya dua mobil Red Bull finis di Bahrain.

"Balapan yang bagus. Kami berjuang keras," kata Verstappen dikutip Reuters. "Kami harus menjalani permainan yang panjang. Bannya aus cukup cepat. Tidak mudah, tapi pada akhirnya kami berhasil maju. Sangat senang bisa memulai musim (dengan kemenangan)."

Sementara Leclerc tak begitu kecewa finis kedua. "Hari ini tidak cukup, tapi oh Tuhan, saya benar-benar menikmati balapan ini!" kata Leclerc.

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez, gagal mengonversi pole position perdananya menjadi kemenangan dan harus puas finis P4. Strategi sang pembalap Meksiko digagalkan safety car.

George Russell mengklaim P5 untuk Mercedes yang masih mengalami kesulitan musim ini mengungguli pembalap tim Alpine Esteban Ocon, yang menyingkirkan pebalap McLaren Lando Norris ke P6 dengan margin 0,1 detik. Lewis Hamilton, juara GP Arab Saudi perdana di Jeddah tahun lalu, mengklaim satu poin terakhir yang tersisa dengan finis P10 setelah mengawali balapan dari posisi start ke-15.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement